sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Belajar dari film animasi Encanto: Cara menyembuhkan trauma antargenerasi

Kemampuan untuk berbicara tentang trauma antargenerasi dan bekerja menuju perubahan dapat membawa penyembuhan.

Nadia Lutfiana Mawarni
Nadia Lutfiana Mawarni Rabu, 30 Mar 2022 14:24 WIB
Belajar dari film animasi Encanto: Cara menyembuhkan trauma antargenerasi

Kisah tentang Keluarga Madrigal di film Encanto, sebuah film garapan Disney, merepresentasikan trauma antargenerasi yang dibawa Abuela Alma. Trauma itu muncul karena Alma harus kehilangan sang suami, Pedro saat melarikan diri dari penyerangan di desa mereka.

Nyatanya meskipun kematian Pedro membawa keajaiban bagi seluruh anggota keluarga lewat sebuah lilin, trauma dalam diri Alma tidak pernah hilang. Dia merasa selalu harus mengontrol anggota keluarganya.

Di dalam cerita, keluarga Madrigal menyembuhkan trauma antargenerasi dengan memperbaiki rumah, kemudian mendiskusikan masalah mereka. Sayangnya, jika trauma terjadi di dunia nyata, cara memperbaikinya tak semudah itu. Very Well Mind memberi nasihat langkah pertama bagi siapa saja yang mengalami trauma antargenerasi, atau trauma secara umum adalah menemui terapis atau konselor kesehatan mental.

Karena trauma antargenerasi berdampak pada keluarga secara keseluruhan, akan sangat membantu untuk melibatkan anggota keluarga lain. Tujuannya trauma itu tergambar secara jelas dan utuh.

Terapis Pernikahan dan Keluarga Janay Holland setuju bahwa pergi ke psikolog bisa mengarahkan penyembuhan ke seluruh sistem keluarga. Namun, jika tidak ada anggota keluarga yang mendukung, setiap individu dapat pergi ke psikolog dan berupaya untuk menyembuhkan diri sendiri.

Dosen Psikologi Konseling di Santa Clara University Amerika Serikat Ling Lam, menambahkan berbicara ke psikolog hanyalah langkah awal untuk kesembuhan. “Berbicara saja tidaklah cukup, para penyintas bisa mengkombinasikannya dengan metode lain seperti  terapi kognitif, kerja kasih sayang diri, yoga, dan meditasi kesadaran,” kata dia.

Sementara itu, Holland menunjukkan jika seseorang tidak menyadari akar trauma antargenerasi yang mereka alami, perubahan dapat terjadi dengan membingkai ulang dan memfokuskan kembali tanggapan atas peristiwa yang dapat dikendalikan oleh seseorang. Bahkan jika hanya satu anggota keluarga yang mencari terapi, Lam dan Holland meyakinkan itu bakal membawa dampak yang positif bagi seluruh anggota keluarga.

Di Encanto, desakan Mirabel untuk mencari Bruno dan berbicara tentang keretakan dalam keluarga akhirnya menyebabkan anggota keluarga Madrigal yang lain memeriksa masalah mereka. Hal ini memungkinkan untuk menghadapi dampak trauma antargenerasi dan bergerak maju sebagai sistem keluarga yang lebih bahagia, lebih menerima, dan lebih fungsional.

Sponsored

Meskipun mungkin tidak mulus dalam kehidupan nyata, kemampuan untuk berbicara tentang trauma antargenerasi dan bekerja menuju perubahan dapat membawa penyembuhan, baik dalam individu maupun keluarga secara keseluruhan. 

Berita Lainnya