sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Aktor Korea Cha In-Ha bunuh diri, bukti buruknya sistem industri K-Pop

Agensi di Korea mengatur semua kehidupan para artis dan aktornya. Hal yang detail turut diatur, demi image sempurna sang artis.

Robertus Rony Setiawan
Robertus Rony Setiawan Selasa, 03 Des 2019 17:00 WIB
Aktor Korea Cha In-Ha bunuh diri, bukti buruknya sistem industri K-Pop

Belum usai duka kehilangan artis Goo Hara, secara mengejutkan aktor Cha In-Ha dikabarkan tewas bunuh diri. Belum diketahui sebab bunuh diri Cha In-Ha, namun sang aktor dikabarkan meninggal karena bunuh diri. 

Meninggalnya sejumlah selebritis Korea belakangan membentuk kejadian berulang seputar artis yang bunuh diri. Sebelumnya artis Korea lain yang melakukan bunuh diri antara lain: Choi Jin-sil (usia 36), Park Yong-ha (33), Lee Seo-hyun (30), U-Nee (25), Sulli (25), dan Goo Hara (28). 

Cha In-Ha yang tergabung sebagai anggota kelompok aktor Surprise U, dikabarkan meningggal dunia pada Selasa (3/12/2019). Pemeran kakak laki-laki aktris Oh Yeon Seo dalam dalam film drama Love With Flaws itu diduga bunuh diri di rumahnya.

Media SBS Star dan media Korea Yonhap News, Selasa (3/12), memberitakan, pihak kepolisian setempat telah mengonfirmasi kabar tersebut. Cha In-Ha pertama kali ditemukan terkapar di rumahnya oleh manajernya.

Sementara itu, dilansir dari Koreaboo, Fantagio Entertainment selaku agensi Cha In-Ha, menanggapi kabar duka tersebut dengan mengatakan “Kami telah diberitahu dan sedang memeriksa masalah ini".

Hingga kini, pihak kepolisian terus menyelidiki kasus tersebut untuk mengetahui informasi rinci mengenai lokasi dan waktu kematiannya.

Beberapa jam sebelum ditemukan tak bernyawa, Cha In-Ha mengunggah fotonya mengenakan jaket kulit hitam pada Instagram pribadinya, Senin malam (2/12). Dalam postingan terakhirnya itu, Cha In-Ha terlihat sedang menikmati minuman hangat di sebuah kafe.

Aktor 27 tahun itu menuliskan pesan bagi para penggemarnya. “Hati-hati jangan sampai terkena flu.” Kabar meninggalnya Cha In-Ha lantas mengejutkan banyak penggemarnya.

Sponsored

Cha In-Ha lahir pada 15 Juli 1992 dengan nama Lee Jae-Ho. Ia memulai berkarier dalam industri hiburan Korea dengan bermain dalam film pendek berjudul You, Deep Inside of Me.

Sejak debut itu, Cha In-Ha kerap didapuk peran pendukung di banyak drama, seperti: Temperature of Love, Work of Love, Clean with Passion for Now, dan The Banker.

Belakangan ini, dia bergabung dalam proyek drama MBC berjudul Love With Flaws yang juga dibintangi oleh Ahn Jae Hyun dan Oh Yeon Seo.

Terhadap kasus ini, pengamat budaya populer dan pengajar Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Ratna Puspita, menilai hal itu terkait dengan buruknya sistem industri Korean-Pop yang sangat diktatoris. 

Dia menyebut hal itu telah menimbulkan tekanan mental bagi para artis. Tekanan mental itu terutama didasarkan pada ketentuan yang ditetapkan oleh para agensi artis setempat, perihal berhadapan dengan publik, seperti tata-cara dan aba-aba saat tampil di atas panggung.

“Agensi di Korea mengonstruksi citra idol para artisnya yang harus sempurna. Mereka mengatur semua hingga hal yang detail, apa saja yang harus diomongkan oleh artis,” ucap Ratna.

Bagi para musisi atau aktor, ukuran kesempurnaan semacam itu memaksa mereka untuk juga selalu tampil baik di muka umum. Adanya ketentuan itu, melucuti sisi manusiawi mereka yang dianggap tak wajar bila menunjukkan sisi lemahnya.

Berita Lainnya