sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Es krim mochi klepon untuk inovasi pangan lokal

Es krim mochi klepon mengandung lelehan gula aren yang dibungkus dalam kulit mochi rasa pandan bertabur kelapa.

Nadia Lutfiana Mawarni
Nadia Lutfiana Mawarni Rabu, 15 Des 2021 21:11 WIB
Es krim mochi klepon untuk inovasi pangan lokal

Produsen es krim nasional Aice Group dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengumumkan kolaborasi bersama dalam kampanye Wonderful Indonesia. Hasilnya, Aice meluncurkan produk baru berbasis panganan lokal, es krim mochi klepon. Sama seperti panganan tradisional aslinya, es krim mochi klepon mengandung lelehan gula aren yang dibungkus dalam kulit mochi rasa pandan bertabur kelapa.

“Es krim mochi klepon dipilih setelah melakukan beberapa percobaan menemukan varian baru dengan riset selama empat hingga lima bulan. Kami berfokus untuk menjadi duta kuliner Indonesia setelah sebelumnya juga meluncurkan varian mochi,” ujar Brand Manager Aice Group, Sylvana Zhong dalam jumpa wartawan lewat kanal Zoom, Rabu (15/12) siang. Tidak menutup kemungkinan Aice akan meluncurkan varian cita rasa nusantara yang baru setiap tahunnya.

Es krim rasa mochi klepon ini akan beredar di seluruh Indonesia dalam beberapa hari ke depan dan dibanderol seharga Rp3.000, harga yang sama dengan varian mochi. Aice bersama Kemenparekraf juga menggandeng lebih dari 250.000 warung kecil untuk memasarkan produk sekaligus mengembangkan ekonomi masyarakat. Tak cuma di Indonesia, Aice juga sudah mengekspor produknya ke beberapa negara di Asia Tenggara seperti Singapura.

Aice Mochi Klepon ini diklaim menjadi pionir di beberapa aspeknya. Es krim ini menjadi yang pertama di Indonesia untuk kategori es krim maupun mochi yang bercita rasa klepon. Es Krim Mochi Klepon menjadi gabungan dari kue klepon dengan dengan es krim mochi.

“Saya dan juga semua anak bangsa tentu sudah tahu tentang kue klepon. Kami berharap Aice Mochi Klepon ini akan menjadi pilihan utama penyuka es krim untuk cita rasa dan kelezatan yang ber-DNA asli Indonesia,” jelas Sylvana.

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Nia Niscaya, mengatakan penguatan promosi kuliner asli Indonesia dapat mendorong pengembangan industri kreatif sekaligus dapat melengkapi promosi destinasi pariwisata Indonesia.

Menurutnya, kuliner asli yang dijaga dan dikembangkan oleh masyarakat akan menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan baik domestik, maupun mancanegara. Terlebih lagi bagi pariwisata Indonesia yang banyak menjual daya tarik budaya dan tradisinya. Hal ini sangat sejalan dengan langkah promosi wisata dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, melalui brand Wonderful Indonesia.

“Kekuatan kuliner kita adalah salah satu aspek penting dalam sektor ekonomi kreatif Indonesia dan penguatan citra Wonderful Indonesia. Kami mengapresiasi Aice yang mendukung promosi kuliner asli Indonesia melalui kreasi jajanan tradisional klepon dengan Es krim mochi, menjadi produk Aice Mochi Klepon.” jelas Nia.

Sponsored

Kerja sama branding baru Kemenparekraf dan Aice diharapkan terus menghasilkan inovasi produk serta meningkatkan kepercayaan masyarakat baik untuk Aice maupun lembaga pemerintah.

Berita Lainnya
×
tekid