sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Ingin membuat kue yang mengembang sempurna? Begini tipnya

Ada tip membuat kue antibantat yang bisa menjadi panduan Anda dalam membuat kue yang mengembang sempurna.

Hermansah
Hermansah Senin, 13 Mar 2023 13:24 WIB
Ingin membuat kue yang mengembang sempurna? Begini tipnya

Apakah Anda pemula yang ingin membuat kue? Jika ya, pasti kekhawatiran utama Anda adalah hasil kue yang tidak mengembang atau bantat. Memang, membuat kue merupakan perkara yang gampang-gampang susah. Terkadang hasil yang kita dapatkan tidak sesuai dengan harapan. Namun, bukan berarti lantas putus harapan. 

Ada tip membuat kue antibantat yang bisa menjadi panduan Anda dalam membuat kue yang mengembang sempurna. Anda pun bisa belajar membuat kue di abc cooking studio agar lebih mahir. Inilah tip untuk Anda.

1. Sesuaikan bahan dan takaran dengan resep
Saat mengikuti sebuah resep, pastikan untuk mengikutinya dengan tepat. Jika disebutkan bahan yang digunakan bisa diganti dengan bahan lain, pastikan untuk benar-benar menyamakan ukurannya.

Sebagai contoh, saat disebutkan menggunakan tepung tertentu, maka pastikan untuk mengikutinya. Jika Anda terpaksa menggantinya dengan bahan lain, pastikan memilih opsi yang benar-benar mirip.

Selain itu, takaran juga harus Anda sesuaikan dengan resep. Tidak seperti memasak untuk kebutuhan sehari-hari, membuat kue membutuhkan ketepatan yang lebih. Sedikit saja terdapat kesalahan pada takaran, akan memengaruhi hasil akhirnya.

2. Suhu bahan adalah kunci
Selanjutnya adalah menggunakan bahan-bahan yang sudah bersuhu ruang. Jangan menggunakan bahan yang terlalu panas atau terlalu dingin karena akan memengaruhi hasil akhirnya.

Salah satu bahan yang membuat kue dapat mengembang adalah telur. Agar hasilnya mengembang dengan sempurna, maka telur yang digunakan harus bersuhu ruang. Begitu juga dengan mentega cair, tunggulah hingga suhunya suam-suam kuku.

Sebagai tip, Anda bisa mengeluarkan bahan-bahan dari kulkas dahulu dan menunggunya sampai suhu ruang. Diamkan bahan-bahan pada suhu ruang kira-kira 30 menit hingga 1 jam setelah dikeluarkan dari kulkas.
Untuk bahan-bahan yang perlu dilelehkan seperti coklat atau margarin, buatlah terlebih dahulu agar ada waktu untuk mendinginkannya.

Sponsored

3. Hindari mencampur telur dengan gula sebelum dikocok
Tip berikutnya yang perlu Anda perhatikan adalah hindari mencampur telur dengan gula sebelum dikocok. Penambahan gula dapat membuat adonan tidak mengembang. Sebagai gantinya, kocok telur terlebih dahulu hingga mengembang.

Setelah itu, baru campurkan dengan gula. Kemudian kocok kembali.

4. Penggunaan wadah
Tidak banyak yang tahu bahwa penggunaan wadah juga dapat memengaruhi hasil adonan. Penggunaan wadah plastik lebih rentan membuat adonan telur gagal mengembang. Ini karena wadah plastik kemungkinan masih mengandung sisa kotoran dan lemak.

Sementara wadah kaca lebih mudah dibersihkan dan dikeringkan dengan maksimal, sehingga telur lebih mudah mengembang saat dikocok. Anda disarankan untuk menggunakan wadah kaca dalam membuat adonan yang mengembang sempurna.

5. Perhatikan kecepatan mengocok adonan
Kecepatan saat mengocok adonan juga merupakan hal yang penting. Jika Anda menggunakan mixer untuk mengocok adonan, usahakan untuk memperhatikan kecepatannya serta urutan masuk bahannya.

Pada awal memasukkan bahan adonan seperti telur, gula, dan emulsifier, gunakan kecepatan rendah agar bahan-bahan tersebut tercampur dengan baik.

Setelah itu, barulah naikkan kecepatannya untuk membuat adonan mengembang. Pada tahapan akhir, saat semua bahan sudah masuk, barulah gunakan kecepatan paling tinggi untuk membuat adonan kokoh.

6. Cara menuang dan mengaduk adonan
Umumnya adonan tidak dicampur pada saat yang sama. Jika ada susu cair, mentega cair, dan santan, maka akan dituang saat sedang mengocok adonan. Begitu juga dengan bahan lainnya seperti coklat bubuk.

Ada cara khusus ketika menuang adonan agar mengembang sempurna, baik yang cair ataupun yang padat.
Tuangkan sedikit demi sedikit semua bahan agar bisa tercampur merata dan tidak menggumpal. Dengan melakukannya, adonan bisa tetap lembut saat dicampur.

7. Lama pengocokan adonan
Biasanya dalam resep disebutkan juga durasi pengocokan adonan, baik mengocoknya dengan mikser atau dengan spatula.

Pastikan untuk mengikuti lama yang disebutkan dengan tepat. Pasalnya, adonan yang dikocok terlalu lama bisa membuat kue jadi tidak mengembang dan keras. Sementara jika diaduk terlalu sebentar bisa membuat kue jadi kempis.

8. Persiapan oven
Pastikan untuk memanaskan oven terlebih dahulu jika memang ingin memanggang. Namun, jangan memanaskan oven sambil meninggalkannya begitu saja.

Panaskan oven sekitar 5-10 menit sebelum memasukkan adonan. Dengan begitu, kue yang masuk bisa mengembang dengan sempurna.

Begitu juga dengan suhu oven, harus sesuai dengan petunjuk resep. Tidak boleh terlalu tinggi atau terlalu rendah suhunya. Sebab suhu yang terlalu tinggi bisa membuat bagian luar kue cepat gosong, di mana bagian dalamnya belum matang.

9. Letak kue di oven
Saat ingin memanggang, usahakan untuk meletakkan kue di bagian tengah oven. Kemudian cek kembali resepnya, adakah proses pemindahan letak posisi kue selama pemanggangan. Jika ada, maka ikuti petunjuk resep.
Hindari memindahkan posisi kue terlalu sering karena bisa mempengaruhi hasil akhirnya. Jika ingin memindahkan, pastikan untuk menunggu hingga kuenya mengembang. Lalu, lakukan dengan cepat agar panas oven tidak berkurang sehingga memengaruhi tekstur kuenya.

Begitu juga pada saat membuka oven, hindari membukanya sebelum adonan mengembang sempurna agar kue tidak menyusut atau kempis.

Demikianlah tip yang bisa dilakukan untuk membuat kue mengembang sempurna. Jika Anda tertarik untuk belajar membuat kue, roti, atau masakan dengan berbagai pilihan menu, dapat belajar di kelas abc cooking studio yang memiliki kelas basic cooking dan baking. Anda dapat beli kelasnya di Blibli untuk mendapatkan promo spesial mulai dari diskon sampai cashback.

Caleg Pilihan
Berita Lainnya
×
tekid