sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Berjalan tanpa alas kaki ternyata bisa sembuhkan insomnia

Berjalan tanpa alas kaki memiliki khasiat dapat menenangkan secara instan dan sanggup menyembuhkan insomnia. Simak empat manfaat lainnya.

Satriani Ariwulan
Satriani Ariwulan Kamis, 12 Apr 2018 13:10 WIB
Berjalan tanpa alas kaki ternyata bisa sembuhkan insomnia

Penggunaan alas kaki seperti sandal atau sepatu penting untuk melindungi kaki dari kuman dan bakteri. Namun, berjalan tanpa alas kaki ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Melansir laman Boldsky, berikut lima manfaat berjalan tanpa alas kaki,

1. Menyembuhkan insomnia
Berjalan tanpa alas kaki, terutama di atas rumput, dikenal memiliki khasiat dapat menenangkan secara instan. Mengapa? Ketika Anda berjalan tanpa alas kaki, maka tubuh akan bersentuhan langsung dengan permukaan bumi, yang memungkinkan frekuensi elektromagnetik bumi melakukan sinkronisasi dengan frekuensi elektromagnetik yang dipancarkan oleh tubuh Anda sendiri. Ini dikenal sebagai pembumian, dan telah terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan kesehatan dan kebugaran, termasuk menyembuhkan insomnia.

2. Meningkatkan sirkulasi darah ke ekstremitas bawah
Berjalan tanpa alas kaki melibatkan titik-titik akupresur di bagian bawah kaki Anda sehingga akan menenangkan sistem saraf dan meningkatkan sirkulasi darah ke kaki. Terapi ini juga sangat bermanfaat bagi penderita varises atau diabetes, dimana pembuluh darah terbatas dari waktu ke waktu.

Sponsored

3. Meningkatkan keseimbangan
Keseimbangan tubuh Anda dijaga oleh sistem vestibular di telinga, yang bergantung pada masukan dari reseptor di seluruh tubuh untuk berfungsi dengan benar. Bagian bawah kaki yang telanjang menjadi bagian yang penting dari dinamika ini. Jadi, ketika kaki Anda bersentuhan langsung dengan tanah, maka akan menstimulasi koneksi saraf yang memungkinkan tubuh tetap seimbang, terutama jika Anda menua. Itulah mengapa praktisi seni bela diri selalu bertanding tanpa alas kaki.

4. Meningkatkan imunitas
Berjalan tanpa alas kaki telah terbukti meningkatkan kualitas dan kuantitas sel-sel darah Anda. Selain itu juga menjadi landasan untuk mengembalikan tubuh ke kondisi alami kesehatan dan kebugarannya, yang juga penting untuk meningkatkan kekebalan Anda.

5. Meningkatkan energi
Stres dan kecemasan menguras energi kita. Berjalan kaki diketahui memiliki efek positif pada pikiran serta kesehatan Anda. Cukup masuk akal apabila bersentuhan dengan tanah secara teratur akan meningkatkan tingkat energi tubuh Anda dari waktu ke waktu.   

Berita Lainnya