sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Jangan jadi menu sahur, 6 makanan yang merangsang haus saat puasa

Berikut 6 makanan yang harus dihindari saat sahur di bulan Ramadan 2022 ini:

Fitra Iskandar
Fitra Iskandar Sabtu, 09 Apr 2022 14:04 WIB
Jangan jadi menu sahur, 6 makanan yang merangsang haus saat puasa

Sahur adalah waktu makan terpenting selama bulan suci Ramadan. Karena sahur memberi Anda energi yang dibutuhkan untuk mempertahankan jam puasa. Penting untuk memastikan bahwa Anda makan makanan yang sehat dan menghidrasi. Namun, tidak semua makanan baik untuk persiapan puasa Anda. Sebagian malah berpotensi mengganggu puasa Anda.

Jadi, sebelum merencanakan makanan terpenting hari itu, pastikan Anda tidak memasukkan makanan berikut untuk membantu Anda tetap terhidrasi, berenergi, dan merasa cukup sehat untuk melanjutkan puasa tanpa masalah. 

Berikut 6 makanan yang harus dihindari saat sahur di bulan Ramadan 2022 ini:

Kopi

Kafein cenderung membuat orang lebih sering buang air, yang dapat menyebabkan dehidrasi. Minuman seperti teh, terutama yang disajikan tanpa gula, juga akan membuat mulut terasa kurang nyaman saat berpuasa, karena sensasi pahitnya memicu rasa haus. Solusinya, jangan lupa minum air putih yang cukup sebagai penutup sahur. 

Makanan asin

Garam juga cenderung merangsang rasa haus. Oleh karena itu sebaiknya hindari makan makanan asin saat sahur agar tidak haus saat berpuasa.

Makanan tinggi gula

Sponsored

Karbohidrat sederhana atau olahan seperti makanan penutup, kue kering dan croissant adalah pilihan makanan sahur yang buruk karena mengandung sedikit atau tidak ada manfaat kesehatan dan hanya menyediakan energi selama 3-4 jam. 

Peningkatan gula juga menyebabkan mengidam yang merupakan sesuatu yang pasti ingin Anda hindari saat berpuasa.

Acar

Acar dikemas dengan garam dan merupakan salah satu makanan sahur terburuk yang mungkin Anda makan karena akan membuat Anda sangat haus selama puasa.

Gorengan

Karena air dilarang selama puasa, penting untuk menghindari makanan apa pun yang berpotensi membuat Anda haus di kemudian hari. Karena makanan yang digoreng cenderung menyebabkan haus. Ini membuat gorengan menjadi salah satu pilihan terburuk untuk dinikmati saat sahur.

Makanan dengan aroma menyengat

Jengkol atau petai adalah ide buruk untuk dimasukkan ke menu sahur Anda. Aroma yang menyengat dari kedua makanan ini daapat membuat mulut tidak nyaman, dan juga merangsang rasa haus.

Berita Lainnya