sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Jarak beda-beda tipis, lebih baik tinggal di Jaktim atau Bekasi?

Bandingkan kelebihan-kelebihan dua wilayah, Jaktim dan Bekasi.

Eka Setiyaningsih
Eka Setiyaningsih Jumat, 26 Feb 2021 13:40 WIB
Jarak beda-beda tipis, lebih baik tinggal di Jaktim atau Bekasi?
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Jika disuruh memilih antara Jakarta Timur (Jaktim) dan Bekasi sebagai tempat tinggal, kebanyakan orang mungkin akan lebih memilih Jaktim. Meski sama-sama jauh, setidaknya titel 'Jakarta' masih dianggap lebih bergengsi daripada Bekasi yang pernah dijuluki 'planet' saking jauh dan macetnya wilayah ini.

Padahal, jarak antara Jaktim dan Bekasi tidaklah terlalu jauh, lho. Bahkan, beberapa kawasan Jaktim berbatasan langsung dengan Bekasi, seperti Cakung, Kalimalang, dan Pondok Gede.

Nah, dengan jarak yang beda-beda tipis ini, mana yang sebaiknya dipilih sebagai tempat tinggal? Perumahan di Bekasi atau Jakarta Timur? Yuk, bandingkan kelebihan-kelebihan dua wilayah ini!

Kelebihan tinggal di Jaktim

1. Tidak terlalu macet

Kawasan Jaktim tidak terlalu macet jika dibandingkan dengan Bekasi. Titik-titik kemacetan biasanya terbatas di kawasan pasar di pagi hari, serta kawasan pabrik dan industri di sore hari.

Berbeda dengan Bekasi yang kerap macet, terutama saat jam pulang dan pergi kantor. Hal ini mungkin karena sebagian warga Bekasi bekerja dan beraktivitas di Jakarta, sehingga mereka seakan berada di jalanan yang sama di waktu yang bersamaan. Inilah yang membuat perjalanan ke Bekasi menjadi lebih lama.

2. Kawasan asri

Sponsored

Seperti wilayah Jakarta lain, perumahan di Jaktim juga terkesan asri karena memiliki banyak pepohonan dan kawasan hijau. Bahkan di kawasan industri seperti Pulo Gadung, yang seharusnya identik dengan panas dan gersang, Anda akan menemukan banyak pepohonan besar yang menaungi sebagian besar wilayah di sana.

Ini berbeda dengan Bekasi. Banyak orang sepakat Bekasi adalah kota yang panas dan gersang, terlebih di kawasan industrinya. Hal ini mungkin disebabkan oleh masifnya pembangunan yang dilakukan di Bekasi, yang membuatnya minim pepohonan dan kawasan hijau.

Kelebihan tinggal di Bekasi

1. Banyak pilihan properti

Seiring dengan semakin banyaknya orang memilih Bekasi sebagai tempat tinggal, pembangunan properti di kota ini pun semakin masif. Anda akan menemukan begitu banyak pilihan perumahan mulai dari yang sederhana hingga mewah. Para pengembang seakan berlomba-lomba menawarkan hunian terbaik sesuai dengan budget yang Anda miliki.

Bukan berarti Jaktim tidak memiliki pilihan bagi Anda untuk mendapatkan hunian terbaik. Hanya saja, pilihannya tak sebanyak yang ditawarkan di Bekasi.

2. Pusat hiburan lebih beragam

Meski Jakarta memiliki pusat hiburan yang beragam, hampir sebagian besar terpusat di kawasan Jakarta Selatan atau Jakarta Pusat. Di Jaktim, Anda sangat sulit menemukan pusat hiburan yang hype, atau bahkan mal modern dan lengkap.

Ini berbeda dengan Bekasi. Selain memiliki banyak mal besar dan modern yang sangat lengkap, Bekasi juga menawarkan beragam kuliner yang lezat dan kekinian, mulai dari kelas kafe, restoran, hingga pedagang kaki lima. Ini menjadikan beberapa kawasan di Bekasi sangat happening sebagai tempat nongkrong dan berkumpul, terutama di kalangan anak muda.

3. Fasilitas lengkap

Bicara soal fasilitas, Bekasi memiliki deretan fasilitas lengkap dan modern seiring dengan masifnya pembangunan di sana. Mulai dari sekolah bertaraf nasional hingga internasional, rumah sakit besar dan lengkap, hingga beragam pilihan tempat rekreasi yang jadi favorit keluarga. Tampaknya, warga Bekasi tidak perlu sampai ke Jakarta untuk mendapatkan fasilitas-fasilitas itu.

Sedangkan di Jakarta Timur, meski memiliki fasilitas yang tak kalah lengkap dengan Bekasi, namun tak banyak yang modern ataupun bertaraf internasional.

Nah, dari kelebihan yang telah dijabarkan di atas, mana yang akan Anda pilih? Jaktim, atau Bekasi?

Berita Lainnya