sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kasus langka, wanita dengan rahim ganda melahirkan bayi kembar

Kehamilan keempatnya membuatnya mengandung dua bayi, satu di masing-masing rahim, suatu kondisi yang dikenal sebagai kehamilan dicavitary.

Fitra Iskandar
Fitra Iskandar Minggu, 24 Des 2023 15:05 WIB
Kasus langka, wanita dengan rahim ganda melahirkan bayi kembar

Seorang wanita Alabama dengan kelainan bawaan langka yang menyebabkannya memiliki dua rahim melahirkan anak perempuan kembar yang sehat awal pekan ini.

Kelsey Hatcher dan suaminya Caleb menyambut Roxi Layla pada Selasa malam (19/12) dan saudara perempuannya Rebel Laken pada Rabu pagi di Universitas Alabama di Rumah Sakit Birmingham (UAB).

"Bayi-bayi ajaib kami telah lahir! Mereka memutuskan bahwa bayi-bayi tersebut cukup langka secara statistik sehingga mereka sebaiknya merayakan ulang tahun mereka sendiri juga," tulis Hatcher di Instagram.

Hatcher memiliki rahim ganda yang langka dan sedang mengandung bayi di kedua sisinya, kehamilan langka yang dikenal sebagai kehamilan dicavitary yang memiliki peluang terjadinya satu dalam sejuta.

"Saya telah merawat Kelsey selama kehamilan ketiganya dan mengetahui bahwa ia memiliki rahim ganda, namun itu hanya satu bayi - dua bayi dalam dua rahim benar-benar merupakan kejutan medis," kata dokter kandungan Hatcher, Shweta Patel, dalam rilis berita rumah sakit.

Kehamilan Hatcher dianggap berisiko tinggi dan dia diinduksi pada minggu ke-39. Setelah gabungan 20 jam persalinan, kedua bayi perempuan itu lahir.

Memiliki rahim ganda, suatu kondisi genetik yang disebut uterus didelphys terjadi pada 0,3% wanita. Kelsey Hatcher,  telah melahirkan tiga kali, setiap kali mengandung satu bayi di salah satu rahimnya, kata pejabat rumah sakit dalam rilisnya hari Jumat.

Kehamilan keempatnya membuatnya mengandung dua bayi, satu di masing-masing rahim, suatu kondisi yang dikenal sebagai kehamilan dicavitary. Hanya ada satu dari sejuta yang terjadi pada wanita dengan kondisi tersebut, kata pejabat rumah sakit.

Sponsored

Meskipun kehamilan kembar pada umumnya didefinisikan sebagai dua bayi dalam satu rahim, Richard Davis, dokter yang ikut menangani kehamilan tersebut, mengatakan “aman untuk menyebut anak perempuan tersebut sebagai kembar fraternal.”

Bayi pertama dilahirkan melalui vagina, begitu pula ketiga anak Hatcher sebelumnya, sedangkan bayi kedua lahir melalui operasi caesar.

Tim medis telah menyiapkan tiga skenario potensial untuk persalinan: kedua bayi dilahirkan melalui vagina, satu bayi lahir melalui vagina dan satu lagi melalui operasi caesar, atau operasi caesar untuk kedua kelahiran.

"Saya tidak sabar untuk berbagi keseluruhan kisah kelahiran dengan kalian!," tulis Hatcher di media sosial. “Sementara kita semua di rumah sekarang, kita akan meluangkan waktu (untuk) menjalin ikatan, memulihkan diri, dan menikmati liburan!”(asiaone,washingtontime)

Caleg Pilihan
Berita Lainnya
×
tekid