sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kemenparekraf terjun ke platform metaverse dorong pariwisata dan industri kreatif

Menurut Sandiaga, pemerintah harus menghadirkan dan memfasilitasi pengembangan dunia meta.

Gempita Surya
Gempita Surya Kamis, 18 Agst 2022 09:31 WIB
Kemenparekraf  terjun ke platform metaverse dorong pariwisata dan industri kreatif

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menghadirkan platform dunia meta bertajuk "WonderVerse Indonesia". Dalam pengembangannya, Kemenparekraf berkolaborasi dengan PT. Magnus Digital Indonesia.

Hal tersebut ditandai dengan penandatanganan MoU antara Plt. Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf yang juga Sekretaris Kemenparekraf Ni Wayan Giri Adnyani dengan CEO Magnus Digital Indonesia Hendra Liman di Kantor Kemenparekraf, Rabu (17/8).

Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan, selain untuk mempromosikan pariwisata Indonesia ke tingkat nasional dan mancanegara, “WonderVerse Indonesia” juga dikembangkan untuk mendorong industri ekonomi kreatif mempromosikan produknya secara digital. 

"Sekarang kita ada dalam satu transisi di mana digitalisasi mendorong transformasi. Hadirnya platform baru ini adalah untuk mengangkat promosi pariwisata dan juga bagaimana ekonomi kreatif bisa kita tingkatkan dengan perkembangan teknologi," kata Sandiaga dikutip dari keterangan tertulis, Kamis (18/8).

Sandiaga menilai, pemasaran melalui metaverse menjadi satu hal yang mungkin dilakukan seiring semakin terakselerasinya digitalisasi. Potensi dunia meta pun sangat besar, seperti diproyeksikan Bloomberg bahwa metaverse akan menjadi masa depan internet dengan nilai yang ditaksir mencapai US$800 miliar pada 2024. 

Sementara di tahun 2026, diperkirakan akan ada 25% dari populasi dunia yang akan menghabiskan setidaknya satu jam dalam sehari di metaverse.

"Berarti mereka akan bekerja, berbelanja, mengakses pendidikan, melakukan perawatan kesehatan, dan kegiatan apa pun termasuk pariwisata dan ekonomi kreatif di metaverse. Ada di dalam ruang meta yang tentunya harus kita lakukan langkah-langkah terobosan dari 4 tahun sebelum itu," ujar Sandiaga.

Menurut Sandiaga, pemerintah harus menghadirkan dan memfasilitasi pengembangan dunia meta. Hal ini didorong agar seluruh pihak bisa memastikan bagaimana metaverse meningkatkan kesejahteraan, khususnya dalam bidang pariwisata dan ekonomi kreatif. 

Sponsored

"Sesuai dengan arahan Presiden Jokowi bahwa transformasi digital termasuk metaverse harus mampu mendorong kedaulatan dan kemandirian digital Indonesia. Dalam transformasi ini, jangan sampai justru kita menjadi tamu di tanah kita sendiri. Bagaimana kita bisa menghadirkan konten-konten kreatif dan kekuatan digitalisasi kita berdasarkan Pancasila dan kebhinekaan dengan tentunya berakar pada kearifan lokal yang kita miliki," kata Sandiaga.

Sandiaga berharap, platform ini dapat menjadi game changer dalam promosi pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia ke depannya. Diharapkannya, para pelaku industri dan UMKM juga mempersiapkan produknya untuk dipasarkan secara virtual.

"Saya harapkan pelaku industri dan UMKM harus siap mengisi dengan produk-produk ekonomi kreatifnya dan destinasi wisata dipasarkan secara virtual. Terus dukung untuk berdayakan industri ini dalam menciptakan 1,1 juta lapangan kerja tahun ini dan 4,4 juta lapangan kerja di tahun 2024," terangnya.

Ditambahkan CEO Magnus Digital Indonesia, Hendra Liman, WonderVerse Indonesia terbagi menjadi empat bagian atau yang disebut dengan nama “land”. Keempat bagian tersebut merupakan representasi Indonesia sebagai negara kepulauan.

Land pertama adalah “Lobby”. Di sini pengunjung dapat berinteraksi dengan hewan endemik, galeri lukisan dari seniman Indonesia, serta layar lebar yang memuat informasi lain untuk pengunjung beraktivitas di dunia meta tersebut.

Kemudian, ada “WonderFUN Land” yang menghadirkan berbagai permainan khas Indonesia serta hiburan seperti pertunjukan wayang, tari-tarian, dan sebagainya. Adapun land ketiga adalah “WonderGoods Land” di mana pengunjung bisa bertransaksi barang-barang khas Indonesia yang dipasarkan oleh para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif. 

Terakhir yakni “WonderREAL Land”, di mana pengunjung bisa langsung membeli tiket penerbangan, hotel, dan akomodasi selama liburan untuk mengunjungi Indonesia sesuai destinasi yang dipilih.

Hendra mengatakan, saat ini MetaVerse Indonesia masih dalam tahap penyempurnaan dan akan terus dikembangkan. Diharapkan, WonderVerse Indonesia ini dapat diakses secara keseluruhan di kuartal 4 tahun 2022.

"Kami berharap MetaVerse Indonesia dapat menjadi wadah untuk memperkenalkan keindahan budaya Indonesia ke mata dunia. WonderVerse Indonesia dapat memberikan manfaat yang besar untuk Indonesia dari sisi digital, dari sisi travel dan terutama dari sisi ekonomi kreatif," kata Hendra.

Berita Lainnya
×
tekid