sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kesalahan saat memberikan oil treatment pada rambut

Memberikan minyak pada rambut dianggap sebagai salah satu perawatan rambut terbaik.

Cindy Victoria Dhirmanto
Cindy Victoria Dhirmanto Kamis, 29 Okt 2020 08:35 WIB
Kesalahan saat memberikan oil treatment pada rambut
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 557.877
Dirawat 77.969
Meninggal 17.355
Sembuh 462.553

Rambut menjadi mahkota dalam kehidupan. Memiliki rambut yang indah tentu memerlukan perawatan rambut yang baik.

Memberikan minyak pada rambut dianggap sebagai salah satu perawatan rambut terbaik. Meminyaki rambut dapat menghidupkan kembali rambut yang kusam, kering, dan rusak. Hal ini juga menambah kilau, kekuatan, dan kesehatan pada rambut serta membawa anda selangkah lebih dekat ke impian memiliki rambut panjang dan indah.

Dengan semua sambutan hangat tentang meminyaki rambut, kita cukup tahu semua yang bisa dilakukannya untuk kesehatan rambut. Untuk mendapatkan manfaat luar biasa dengan menggunakan minyak rambut, harus melakukannya dengan benar. Bukan hanya tentang mengaplikasikannya saja, tetapi ada hal lain yang mungkin tidak dilakukan secara benar. 

Berikut daftar kesalahan umum ketika menggunakan minyak rambut: 

- Tidak memanaskan minyak

Apakah Anda pernah menggunakan minyak dingin untuk pijat kepala? Ini adalah kesalahan yang harus segera dihentikan. Minyak dingin memiliki konsistensi yang kental. Saat minyak hangat, minyak menjadi lebih tipis dan mampu meresap ke dalam dan cepat ke kulit kepala. Ini membantu kulit kepala dan folikel rambut menyerap kebaikan minyak lebih cepat dan menunjukkan hasil yang lebih cepat. Tetapi, pastikan minyaknya suam-suam kuku. Anda tidak ingin terlalu panas untuk membakar kulit kepala.

- Melakukannya tanpa pijat kepala

Meminyaki rambut tidak lengkap tanpa pijat kepala untuk menenangkan. Faktanya, bagian pijatan itu membuat menjadi juara. Sementara itu, minyak rambut penuh dengan nutrisi yang dibutuhkan rambut. Memijat kulit kepala dengan gerakan memutar akan meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala dan menstimulasi folikel rambut untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Jadi, berikan pijatan 3-5 menit yang baik untuk rambut. 

Sponsored

Namun, jangan memijat berlebihan. Kesalahan besar yang kita lakukan adalah memijat kulit kepala terlalu lama. Memang memijat kepala dapat memberikan ketenangan dan sangat bagus, tetapi jika melakukannya secara berlebihan tidak akan membantu. Memijat rambut untuk menarik-narik akar rambut dalam waktu lama, melemahkan helai rambut dan dapat menyebabkan rambut kusut, yang semuanya pada akhirnya menyebabkan rambut rontok dan rambut patah. Jadi, pertahankan sesi pijat di mana saja antara 3-5 menit.

- Mencuci dengan cepat

Berapa lama anda mendiamkan minyak sebelum mencucinya? Mencuci rambut dalam beberapa menit akan merusak tujuan meminyaki rambut. Minyak rambut memiliki konsistensi kental alami dan butuh waktu bagi rambut untuk menyerap nutrisi dan kebaikan minyak. Jadi, harus membiarkan minyak setidaknya selama satu jam sebelum mencucinya untuk menunjukkan hasil yang luar biasa.

- Menyisir rambut setelahnya

Salah satu kesalahan meminyaki rambut yang paling umum adalah menyisir rambut sesudahnya. Saat diminyaki, rambut lebih lemah di akarnya. Jadi, menyisir rambut memberi tekanan pada folikel rambut yang dapat menyebabkan rambut rontok dan kerusakan rambut. Selain itu, mencoba mengurai kusut rambut yang baru diminyaki adalah alasan lain terjadinya kerontokan ekstrim.

Jadi, pastikan tidak pernah menyisir rambut setelah diminyaki. Gunakan jari untuk menyisir rambut, ikat kepang longgar atau biarkan rambut terbuka. Pastikan tidak mengikat rambut terlalu kencang.

- Mempergunakan terlalu banyak minyak

Terlalu banyak hal buruk. Aturan ini juga berlaku saat anda meminyaki rambut. Jika mengaplikasikan terlalu banyak kepada rambut, itu akan membuat kulit kepala terlalu berminyak, menyumbat folikel rambut dan menyebabkan masalah rambut seperti ketombe. Selain itu, semakin banyak minyak yang digunakan, semakin banyak sampo yang diperlukan untuk menghilangkannya. Memasukkan kulit kepala dengan sampo yang mengandung bahan kimia, akan menghilangkan minyak alami kulit kepala dan menyebabkan rambut kering dan rusak. Gunakan minyak rambut dalam jumlah sedang yang sesuai dengan panjang dan ketebalan rambut.

- Membiarkan minyak semalaman

Jika membiarkan minyaknya semalaman, anda membuat kesalahan. Banyak ahli rambut menyarankan untuk tidak menggunakan minyak ini semalaman. Jika membiarkan minyak di rambut semalaman, kotoran dan kotoran yang menempel dapat menghalangi folikel rambut dan menyebabkan berbagai masalah rambut, termasuk rambut rontok dan ketombe. Jadi, jangan biarkan minyak selama lebih dari dua jam.

Berita Lainnya