sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Capsaicin, biang rasa pedas dalam cabai yang baik untuk kesehatan

Komponen capsaicin ini dalam berbagai penelitian menunjukkan, capsaicin dapat memberi efek antiinflamasi dan antikanker.

Robertus Rony Setiawan
Robertus Rony Setiawan Minggu, 08 Des 2019 11:00 WIB
Capsaicin, biang rasa pedas dalam cabai yang baik untuk kesehatan
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Seperti halnya soto, sate, dan nasi goreng, sambal merupakan penanda sajian kuliner khas Indonesia. Stefu Santoso, seorang juru masak (chef) mengatakan, sambal sudah dikenal salah satu ciri masakan Indonesia dibandingkan negara-negara lain.

“Arti kata sambal itu sudah mewakili Indonesia, menjadi otentik dari masakan Indonesia di mata orang asing. Sama seperti soto dan sate,” kata Stefu saat dijumpai di salah satu restoran di kawasan sentra niaga Sudirman, Jakarta Selatan, Selasa (5/11).

Stefu yang menekuni profesi juru masak sejak 1998 ini, menjelaskan kalau sambal telah menjadi bagian sajian makanan khas Indonesia. Bahkan terasa spesial karena tak dijumpai dalam menu masakan negara Eropa atau Asia lainnya.

Belakangan, kata dia, Indonesia makin populer di dunia kuliner dengan jenis sambal matah yang bercitarasa pedas dan segar.

“Di Cina, Jepang, atau Korea tidak ada sambal. Mereka hanya kenal cabai, misalnya cabai togarashi di Jepang. Kecuali sebagian negara di Asia, seperti Malaysia yang serumpun dengan kita, mereka punya sambal,” ucapnya.

Menurut Stefu, kegemaran orang Indonesia dengan makanan pedas juga menjadi pengenal bagi masyarakat internasional. Dia menengarai, tanaman cabai  dapat tumbuh dengan mudah dan cepat di dataran tropis seperti Indonesia. Hal itu pun membuat harga jual cabai menjadi relatif murah. 

“Pada awalnya harga cabai itu murah dan tumbuh dengan cepat, maka orang Indonesia memanfaatkan cabai sebagai bahan olahan sambal,” katanya.

Bercermin pada kebiasaan penduduk di Pulau Jawa, sambal juga banyak dijadikan teman pendamping makan nasi dan gorengan. Menurut dia, perpaduan antara gorengan, sambal, dan nasi adalah sebuah paduan menua yang cukup baik dan lazim di masyarakat.

Sponsored

Lebih jauh, Stefu menilai sambal dapat dengan mudah dipadankan dengan menu makanan lain. Seperti yang berbahan daging, ikan, ayam, telur, dan ikan asin. 

Sambal juga terkesan merakyat karena klop melengkapi selera makan pada makanan apapun.

“Bahkan menu tahu goreng pun, banyak orang suka sekali memakannya dengan sambal. Di beberapa tempat pun orang juga ada yang merasa cukup makan nasi dengan sambal, dengan sedikit ikan teri,” tuturnya.
 

 

Berita Lainnya