sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Manfaat kismis yang perlu kamu ketahui

Meskipun dapat dimakan mentah, merendamnya dalam air semalaman, kemudian dimakan ketika pagi hari saat perut kosong akan sedikit jauh sehat.

Cindy Victoria Dhirmanto
Cindy Victoria Dhirmanto Senin, 26 Okt 2020 12:41 WIB
Manfaat kismis yang perlu kamu ketahui
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 569.707
Dirawat 81.669
Meninggal 17.589
Sembuh 470.449

Kismis berasal dari bahasa Hindi yang ternyata memiliki segudang jenis nustrisi. Buah yang biasanya dijadikan sebagai penutup makanan tradisional ini, memiliki segudang jenis nutrisi seperti zat besi, kalium, kalsium, magnesium, dan serat. 

Meskipun dapat dimakan mentah, merendamnya dalam air semalaman, kemudian dimakan ketika pagi hari saat perut kosong akan sedikit jauh sehat. Berikut daftar manfaat kesehatan dari makan kismis yang direndam, yakni:

- Membantu pencernaan 

Buah yang kaya akan serat ini, ketika direndam semalaman akan berfungsi sebagai pencahar alami, mencegah sembelit, dan mengatur pergerakan usus. Ketika anda menginginkan buah ini menjadi pencahar alami, caranya adalah dengan merendam sekitar 1-12 buah kismis dalam segelas air, kemudian minum airnya bersama dengan kismis pada waktu perut kosong. 

- Meningkatkan kekebalan tubuh

Kismis mengandung semua nutrisi penting seperti Vitamic C dan B yang membantu untuk membangun kekebalan tubuh. Ketika mengonsumsi kismis yang direndam setiap hari, selama musim dingin membantu melawan bakteri dan infeksi.

- Menurunkan berat badan

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, buah yang dikemas dengan gula alami ini dapat menururunkan berat badan. Gula alami yang diproduksi oleh kismis mempercepat dan membantu menahan rasa lapar, hal ini dapat membantu mencegah mengunyah camilan yang tidak sehat dan justru malah menyebabkan penambahan berat badan. 

Sponsored

- Mencegah anemia

Kismis kaya akan zat besi dan mampu membantu dalam menyuplai darah untuk tubuh dan membantu mencegah timbulnya anemia. 

- Menjaga kesehatan hati

Salah satu buah kering terbaik yang membantu mengeluarkan racun dari tubuh. Makan kismis yang direndam. Terutama kismis hitam, membantu mempercepat fungsi hati untuk mendetoksifikasi tubuh, membuang racun dari tubuh.

- Mencegah bau mulut

Kismis dikenal dengan sifat antibakterinya, hal ini daapt membantu melawan bakteri mulut dan menjaga kebersihan mulut. Dengan demikian kismis juga dapat membantu menghilangkan bau mulut. 

- Meningkatkan kesehatan kulit

Kismis mengandung vitamin A dan E yang membantu menstimulasi perkembangan sel-sel baru yang ada di lapisan luar kulit. Konsumsi kismis yang direndam secara teratur dan terkontrol dapat membantu meningkatkan hidrasi kulit dan membuat kulit terlihat sehat. Rendaman buah kismis juga dapat membantu mindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

- Menetralkan asam lambung

Jumlah magnesium dan kalium yang tinggi dalam kismis membantu menetralkan asam lambung dan mencegah asidosis atau toksisitas darah. Asidosis dapat menyebabkan komplikasi kulit seperti bisul, jerawat dan psoriasis, sakit kepala dan kelemahan. 

- Meningkatkan kesehatan rambut

Kismis mengandung banyak vitamin C, zat besi dan antioksidan. Bila dikonsumsi secara teratur, dapat membantu memperkuat pembuluh darah dan pada gilirannya mengurangi pengelupasan, ketombe dan gatal-gatal pada kulit kepala. Kismis yang direndam juga bermanfaat untuk rambut rontok. 

Selain itu, terdapat beberapa manfaat kesehatan lain dari kismis yang direndam, yakni: 

• Kalium dalam kismis membantu menyeimbangkan kandungan garam dalam tubuh kita dan mengatur tekanan darah.

• Kismis mengandung asam amino bernama Arginine yang meningkatkan libido dan memicu gairah.

• Kismis kaya akan fitonutrien polifenol yang membantu menjaga kesehatan mata.

• Kismis mengandung asam oleanolic yang dapat membantu menjaga gigi aman dari kerusakan, gigi berlubang dan gigi rapuh.

 • Kismis yang direndam dapat membantu mempercepat penyembuhan luka karena adanya antioksidan.

Bagaimana cara mengonsumsi kismis yang direndam? Cara terbaik untuk mengonsumsi kismis untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal, adalah dengan merendamnya dalam air dan kemudian meminumnya.

Yang perlu dilakukan hanyalah merendam 8-10 kismis semalaman dalam segelas air. Blender dengan baik di pagi hari lalu diminum saat perut kosong. Karena kismis mengandung banyak kalori, orang harus mengonsumsinya dalam jumlah terbatas.

 

 

Sumber: boldsky.com
 

Untuk apa dan siapa wacana klasifikasi SIM C?

Untuk apa dan siapa wacana klasifikasi SIM C?

Sabtu, 05 Des 2020 16:12 WIB
Geliat staycation pengusir penat

Geliat staycation pengusir penat

Jumat, 04 Des 2020 16:55 WIB
Berita Lainnya