sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Melihat karya mode rancangan Oscar Lawalata di Jakarta Fashion Week

Ajang Jakarta Fashion Week (JFW) 2020 turut dimeriahkan pameran karya mode rancangan Oscar Lawalata.

Robertus Rony Setiawan
Robertus Rony Setiawan Jumat, 25 Okt 2019 11:02 WIB
Melihat karya mode rancangan Oscar Lawalata di Jakarta Fashion Week

Jakarta Fashion Week (JFW) 2020 telah dibuka. Tahun ini, JFW diselenggarakan mulai 22 hingga 28 Oktober 2019 di Senayan City, Jakarta.

Ajang ini turut dimeriahkan pameran karya mode rancangan Oscar Lawalata. Bertajuk "I Am Indonesian, Aku dan Kain", Oscar berkolaborasi dengan fotografer Glenn Prasetya.

Bertempat di dalam mal Senayan City, Jalan Asia Afrika, Jakarta Pusat, pameran menampilkan 20 rancangan pakaian yang bercorak khas Nusantara. Sementara itu, karya Glenn Prasetya akan dipajang berupa rangkaian foto yang menggambarkan para peragawati dalam balutan pakaian rancangan Oscar. 

Oscar mengatakan, puluhan kain yang dipajang dalam pameran itu merupakan koleksinya selama 20 tahun berkunjung ke seluruh wilayah Indonesia. Menurut dia, banyak nilai dari proses pembuatan dan keragaman motif-motif kain Nusantara yang sangat kaya dan unik. 

Dia mengurasi 100 peragawati muda dari kalangan milenial untuk mengenal dan memakai rancangan bermodel kain khas Nusantara.

Sejumlah rancangannya menonjol dengan atasan warna hitam, sedangkan bawahan motif songket warna cerah muda atau pastel. Seluruh bawahan dibuat dari kain daerah yang bermotif garis-garis tipis dan pola sederhana seperti wajik. 

Kesan minimalis itu pun diperkuat dengan pilihan warna cokelat kekuning-kuningan.

Ada sedikit tambahan kesan manis pada ornamen bagian atas berupa syal berwarna merah muda. 

Sponsored

"Kami juga ingin anak muda sekarang punya awareness dan rasa memiliki terhadap kain Nusantara," kata Oscar saat pembukaan pameran, Kamis (24/10). 

Selain peragaan busana, dalam pameran juga ditampilkan sejumlah koleksi kain Nusantara. Beberapa di antaranya ialah kain songket Aceh, kain Timor Ayotupas, Tapis Lampung, dan Ulos dari Sumatera Utara. 

"Saya paling suka kain dari Pulau Timor, seperti dari Belu, NTT," kata Oscar. 

Jakarta Fashion Week 2019 berlangsung hingga 28 Oktober mendatang.