sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Tips dan 8 obat terbaik sembuhkan gatal

Anda bisa mencoba beberapa tips tentang cara menyembuhkan gatal seperi yang dilansir heathline ini.

Fitra Iskandar
Fitra Iskandar Senin, 13 Sep 2021 13:03 WIB
Tips dan 8 obat terbaik sembuhkan gatal

Gatal, juga dikenal sebagai 'pruritus,' bisa lebih dari sekadar gangguan kecil. Ini dapat menyebabkan banyak ketidaknyamanan dan bahkan dapat menjadi gangguan. Anda mungkin bertanya-tanya kapan gatal itu serius dan bagaimana Anda bisa menyembuhkan gatal di rumah.

Kulit Anda bisa gatal karena berbagai alasan. Misalnya, Anda mungkin pernah menyentuh jenis tanaman tertentu, penyakit, gigitan serangga, atau penyembuhan dari luka bakar atau luka juga dapat menyebabkan Anda merasa gatal.

Anda bisa mencoba beberapa tips tentang cara menyembuhkan gatal seperi yang dilansir heathline ini.

1. Oatmeal
Oatmeal koloid bukanlah sesuatu yang Anda makan untuk sarapan. Oatmeal jenis ini terbuat dari oat yang telah digiling menjadi bubuk yang sangat halus. Produk alami yang digunakan dalam berbagai jenis sabun dan losion, juga dapat ditambahkan untuk mandi air dingin.

Satu studi 2012 menemukan bahwa produk ini aman dan membantu mengobati gatal dari berbagai penyebab. Anda dapat menemukan oatmeal koloid di banyak apotek. Anda juga bisa membuatnya dengan menghaluskan biji gandum.

2. Gel daun
Cobalah produk nabati seperti gel lidah buaya atau mentol pendingin untuk gatal-gatal sederhana yang disebabkan oleh sengatan matahari atau gigitan nyamuk.

Menthol, yang menghasilkan efek pendinginan, dibuat dari tanaman peppermint. Mentol topikal harus digunakan dengan hati-hati karena kemungkinan mengiritasi kulit jika tidak diencerkan. Kedua produk ini dapat dibeli di sebagian besar toko obat.

Beli gel lidah buaya dan mentol topikal.

Sponsored

3. Pelembab berkualitas tinggi
Pelembab berkualitas baik menahan air di lapisan terluar kulit Anda. Ini dapat membantu kulit Anda merasa terhidrasi dan tidak terlalu kering dan gatal.

4. Dinginkan
Solusi sederhana untuk gigitan nyamuk: kompres dingin atau kantong berisi es. Kuncinya, seperti yang mungkin Anda perhatikan, adalah dingin. Hindari mengekspos area yang gatal terhadap air panas. Ini akan semakin mengiritasi kulit yang gatal.

5. Antihistamin
Histamin adalah bahan kimia dalam tubuh yang menyebabkan gejala alergi, termasuk gatal-gatal. Antihistamin adalah pengobatan umum untuk reaksi alergi. Namun, banyak obat antihistamin akan membuat Anda mengantuk, jadi paling baik digunakan sebelum tidur.

Satu studi dari 1996 merekomendasikan penggunaan antihistamin topikal langsung ke daerah yang terkena untuk menghindari efek samping yang terkait dengan antihistamin oral.

6. Hidrokortison
Krim anti-gatal adalah cara umum lainnya untuk menenangkan kulit yang gatal. Dapatkan krim anti-gatal yang mengandung setidaknya 1 persen hidrokortison. Obat ini menghambat respons peradangan dalam tubuh dan dapat membantu menenangkan kulit yang meradang dan gatal. Krim ini harus digunakan untuk periode sesingkat mungkin dan kemudian dihentikan.

7. Antidepresan?
Menurut beberapa penelitian, antidepresan mungkin bisa membantu mengatasi gatal juga. Beberapa obat ini menyebabkan pelepasan serotonin yang dapat mengendurkan reseptor di tubuh Anda yang memicu rasa gatal. Perawatan ini biasanya digunakan pada kasus gatal yang lebih kronis.

8. Berhenti menggaruk!
Saat Anda merasa gatal, menggaruk adalah respons alami. Tapi itu tidak akan membantu masalah. Bahkan, itu dapat merobek kulit dan mencegahnya dari penyembuhan. Bahkan dapat menyebabkan infeksi.

Cobalah ekstra keras untuk tidak menggaruk kulit Anda. Kenakan pakaian yang nyaman yang tidak mengiritasi kulit dan menjaga kuku Anda tetap rapi.

Kapan gatal menjadi masalah serius?
Terlepas dari penyebabnya, jadwalkan janji temu dengan dokter Anda jika Anda gatal secara konsisten selama tiga hari atau lebih.

Sementara gatal biasanya tidak menunjukkan masalah serius, gatal umum di seluruh tubuh terkadang bisa menjadi tanda kondisi serius, termasuk penyakit tiroid, ginjal, atau hati, atau bahkan kanker.

Hubungi dokter Anda segera jika Anda mengalami gatal parah tanpa gigitan, luka, atau ruam.(healthline)

Berita Lainnya