logo alinea.id logo alinea.id

TMII gelar atraksi budaya sambut HUT ke-44

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menggelar sejumlah pameran dan atraksi budaya menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-44.

Nanda Aria Putra
Nanda Aria Putra Jumat, 19 Apr 2019 19:34 WIB
TMII gelar atraksi budaya sambut HUT ke-44

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menggelar sejumlah pameran dan atraksi budaya menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-44.

Pameran itu dilakukan bersama museum se-Indonesia dan pameran industri kreatif yang digerakan oleh Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), di gedung Sasana Kriya, Jumat (19/4).

Koordinator Museum dan Hubungan Kelembagaan TMII, Sigit Gunarjo mengatakan penyelenggaraan kegiatan ini adalah sebuah upaya untuk melestarikan kebudayaan Indonesia.

“Ini sebagai bukti bahwa TMII masih melestarikan kebudayaan seluruh Indonesia,” katanya saat ditemui di sela-sela acara.

Ia juga mengatakan kegiatan ini diselenggarakan untuk mengapresiasi seluruh lapisan masyarakat yang masih setia mengunjungi TMII setiap tahunnya.

“Sebagai acara tahunan, kita mencoba memberikan suguhan kegiatan yang dapat dinikmati seluruh lapisan masyarakat,” katanya.

Ia melanjutkan, museum-museum yang ditampilkan dalam pameran ini telah dikonsep dengan wajah yang baru. Museum, katanya, bukan lagi sesuatu yang menakutkan dan kuno, tetapi didesain dengan konsep kekinian.

“Kebudayaan itu dinamis, sama seperti museum dia terus berkembang. Lihat saja di stand-stand itu, sudah kekinian tampilannya,” katanya.

Sponsored

Sebagai sebuah monumen sejarah, katanya, museum menyimpan berbagai misteri perjalanan sebuah bangsa. 

“Dengan melestarikan museum dan benda-benda yang ada di dalamnya kita dapat melihat masa lalu sembari memproyeksikan masa depan,” ujarnya.

Pameran yang akan berlangsung selama tiga hari dari tanggal 19 hingga 21 April ini turut menampilkan pagelaran seni dan budaya, talkshow, berbagai workshop kreatif, dan juga pameran kuliner nusantara.

Pada puncak acara di tanggal 20 April, akan diselenggarakan pawai budaya nusantara, Reog Kendang Tulungagung, Festival Ondel-ondel Jakarta, dan juga Festival Ramayana.