sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Tung Desem Waringin ungkap rahasia cepat sembuh dari Covid-19

Hati yang gembira obat paling manjur menyembuhkan Covid-19.

Manda Firmansyah
Manda Firmansyah Minggu, 10 Mei 2020 13:42 WIB
Tung Desem Waringin ungkap rahasia cepat sembuh dari Covid-19
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 534.266
Dirawat 66.752
Meninggal 16.825
Sembuh 445.793

Pakar Marketing dan Motivator Tung Desem Waringin mengaku, sempat divonis positif Covid-19, pada beberapa waktu lalu. Namun, tak lama berselang Tung Desem dinyatakan sembuh. Berikut rahasia Tung Desem agar bisa lekas sembuh dari Covid-19. 

Menurut Tung, hati yang gembira obat paling manjur menyembuhkan Covid-19. Hati yang gembira bisa menguatkan imun dalam tubuh.

“Pada 1 April (saya) krisis. (Tetapi) saya langsung sembuh. Karena memang sehat itu holistik. Tetapi, diawali dengan mental yang positif dulu. Dokteknya sampai heran, kok bisa,” ujar Tung, dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Minggu (10/5).

Ia percaya kebahagiaan bisa menyehatkan tubuh, memicu keharmonisan dalam pernikahan, memperbanyak sahabat, meningkatkan kreativitas, hingga memajukan bisnis dan karir. Tung pun mengikuti saran mencatat detail kebahagian selama menjalani perawatan di rumah sakit dalam buku hariannya.

"Saat di rumah sakit, saya membuat catatan. Saya minum obat apa? Makan apa? Karena saya memiliki titik kritis pada 1 April. Saya survivor Covid-19. Pernah enggak bisa bernapas, sesak napas, menggigil dingin sekali, bahkan sudah memberi pesan-pesan terakhir kepada istri,” tutur Tung.

Selama di rumah sakit, ia menata hati dengan bernyanyi. Tak segan mengajak menyanyi dan berjoget bersama dokter. Bahkan, merekam aksinya itu untuk disebarkan.

Lebih jauh, ia mengingatkan, pentingnya memenuhi kebutuhan cairan harian dengan minum yang cukup. “Saat diinfus saya tidak minum yang cukup sehingga kurang air,”ucapnya.

Ia pun berpesan agar senantias tenang. Sebab, pandemi Covid-19 pasti berlalu dan akan datang lagi badai berikutnya. Ia menekankan pentingnya berfokus harapan dan target yang perlu dicapai. Misalnya, di tengah pandemi Covid-19 membantu orang lain agar bisa menyadari banyak yang lebih sengsara daripada kita.

Sponsored

“Apa yang bisa kita bantu, bantulah. Kita tahu kondisi tidak enak, sama-sama penghasilan turun. Ketika bisa membantu orang lain. Maka, lebih sehat dan lebih panjang umur,” ujar Tung.

Berita Lainnya