sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Beda peran LPI dengan lembaga sejenis

LPI yang baru dibentuk berbeda fungsi dengan Pusat Investasi Pemerintah (PIP) maupun Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Qonita Azzahra
Qonita Azzahra Jumat, 18 Des 2020 20:47 WIB
Beda peran LPI dengan lembaga sejenis
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 882.418
Dirawat 138.238
Meninggal 25.484
Sembuh 718.696

Pemerintah membentuk Lembaga Pengelolaan Investasi (LPI) sebagai amanat dari Undang-undang Cipta Kerja pasal 154. Sovereign wealth fund ini akan menjalankan kegiatan investasi pemerintah pusat. 

“LPI diadaptasi dari praktik-praktik lembaga sejenis yang memiliki reputasi terbaik di dunia, yang mengedepankan prinsip independensi, transparansi, dan akuntabilitas,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi (KLI) Kementerian Keuangan Rahayu Puspasari kepada Alinea.id, Rabu (16/12).

Direktur Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan Isa Rachmatarwata menilai, bentuk SWF Indonesia mirip dengan SWF Rusia atau Russian Direct Investment Fund yang sama-sama dapat mengumpulkan dana dari dalam dan luar negeri.

“Tujuannya untuk mendatangkan investasi di dalam negeri untuk bisa diinvestasikan di proyek dalam negeri,” ujarnya dalam diskusi virtual, Rabu (2/12) lalu.

Sponsored

Alinea.id mengulas sovereign wealth fund versi Indonesia disini.

Berita Lainnya