sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Beragam masalah sektor pertanian

Regenerasi petani adalah satu dari banyaknya masalah sektor pertanian.

Fajar Yusuf Rasdianto
Fajar Yusuf Rasdianto Jumat, 04 Sep 2020 19:46 WIB
Beragam masalah sektor pertanian
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 236519
Dirawat 55000
Meninggal 9336
Sembuh 170774

Industri pertanian menjadi sektor yang mampu tumbuh positif di tengah kontraksi ekonomi. Namun, sektor pertanian tidak lepas dari berbagai permasalahan. Industri ini bahkan diperkirakan sudah sudah sampai di ambang senja. 

Data Badan  Pusat Statistik (BPS) pada 2018 menunjukkan, dari 33,4 juta petani Indonesia, sekitar 75% nya didominasi kalangan tua. Sementara yang berusia 20-34 tahun tidak lebih dari 15% atau 4,8 juta orang.

Minimnya keterlibatan anak muda dalam industri pertanian juga terlihat dari hasil studi Koalisi Rakyat untuk Kedaulatan Pangan (KRKP) pada 2015 lalu. Studi itu menunjukkan, ada beberapa variabel utama yang menjadi alasan mengapa banyak kalangan muda ogah terjun ke industri pertanian.

Survei ini mengambil populasi sampel di empat lokasi, yakni Tegal, Kediri, Karawang, dan Bogor. Mereka yang menjadi respondennya merupakan anak-anak petani padi dan hortikultura.

Hasilnya, 70% anak petani padi mengaku tidak pernah bercita-cita menjadi petani. Angka ini berbanding terbalik dengan anak petani hortikultura yang 60% di antaranya mengaku sempat bercita-cita sebagai petani.

Selain kesulitan regenerasi, sektor pertanian juga dilanda beragam masalah lainnya. Sebut saja soal permodalan, keterbatasan lahan, konflik agraria, maupun ketidakadilan dan kesejahteraan petani.

Alinea.id mengulas berbagai masalah yang membuat generasi muda enggan terjun ke sektor pertanian disini.

Sponsored
Berita Lainnya