sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kiat bertahan di tengah resesi

Negara disebut mengalami resesi jika pertumbuhan ekonominya mengalami kontraksi selama dua kuartal secara beruntun.

Fajar Yusuf Rasdianto
Fajar Yusuf Rasdianto Selasa, 04 Agst 2020 11:56 WIB
Kiat bertahan di tengah resesi
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 266845
Dirawat 60431
Meninggal 10218
Sembuh 196196

Dua negara Asia telah mengumumkan resesinya lebih awal, yakni Korea Selatan dan Singapura. Dilansir tradingeconomics.com, pertumbuhan ekonomi Korea Selatan pada kuartal II 2020 hanya tumbuh -2,9%. Sementara, ekonomi Singapura di kuartal yang sama -12,6% (year on year/yoy).

Terbaru, Amerika Serikat juga sudah tercatat resesi dengan kejatuhan pertumbuhan ekonominya yang semakin dalam pada kuartal II. Laju ekonomi negara Paman Sam pada kuartal II tercatat minus -32,9% (yoy), jauh lebih besar dibanding kuartal I yang terkontraksi -4,8%.

Sejumlah negara lain termasuk Jepang, Malaysia, dan Thailand diprediksi bakal menyusul resesinya pada kuartal III. Ekonomi Malaysia kuartal II dan III diperkirakan akan pada tren yang sama -9,7% dan -6,4% secara beruntun. Sedang Thailand diperkirakan akan menghadapi penurunan PDB yang sangat deras pada kuartal II, yakni -17%, dan diperkirakan tumbuh 1,5% pada kuartal III.

Indonesia sendiri pada kuartal I lalu masih mencatat pertumbuhan positif yakni 2,97% secara year on year. Namun, penurunan PDB pada enam negara tersebut  diprediksi bakal punya implikasi buruk pada perekonomian Tanah Air. Pasalnya, enam negara itu merupakan sebagian dari 10 mitra dagang terbesar Indonesia, baik dari sisi ekspor maupun impor. 

Sponsored

Perencana Keuangan Safir Senduk pun memaparkan tips bagi masyarakat untuk bertahan di tengah ancaman datangnya resesi ekonomi. Alinea.id mengulas artikel kemungkinan terjadinya resesi di Tanah Air di sini.

Berita Lainnya
×
img