close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
Ilustrasi Alinea.id/Firgie Saputra.
icon caption
Ilustrasi Alinea.id/Firgie Saputra.
Infografis
Sabtu, 19 November 2022 12:49

Kisah UMKM semakin cuan dengan go digital

UMKM yang melakukan penjualan di marketplace Tokopedia mengalami kenaikan omzet dan pembeli dari seluruh Indonesia.
swipe

Tokopedia mencatat ada lebih dari 12 juta penjual di marketplace ini di mana hampir 100% adalah UMKM. Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Regional) Tokopedia Rizky Juanita Aziz menekankan pihaknya telah melahirkan inisiatif Hyperlocal di mana pembeli dapat menemukan produk dengan ongkos kirim murah bahkan hingga Rp0, dan penjual bisa memperluas pasar tanpa harus pindah ke kota besar. 

“Itu solusi yang diberikan Tokopedia,” sebutnya saat Virtual Media Briefing Tokopedia Sambut Hari Pahlawan “UMKM Lokal Tokopedia Berdayakan Masyarakat Sekitar, Jadi Pahlawan Ekonomi Nasional”, belum lama ini.

Menurutnya, hal ini juga semakin berlaku terutama pasca kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) yang membuat tarif logistik naik. “Tokopedia konsisten mendukung UMKM lokal jadi pahlawan ekonomi bagi daerahnya sendiri untuk bangkit dan memberdayakan  ekonomi sekitar,” sebutnya.

Dia menambahkan inisiatif Hyperlocal diturunkan dalam fitur-fitur seperti Dilayani Tokopedia di mana penjual bisa menitipkan produknya di gudang pintar Tokopedia. Ada pula Kumpulan Toko Pilihan (KTP), Tokopedia Nyam khusus penjualan makanan dan minuman, Waktu Indonesia Belanja (WIB), Paket Sehari Tiba di mana pelanggan bisa mendapatkan pesanannya dalam sehari.

“Pengiriman terjauh kuartal III-2022 terjadi dari kecamatan Sumur Bandung, Jawa Barat ke Tahuna di Sulawesi Utara,” sebutnya.

Alinea.id mengulas kisah seller Tokopedia yang sukses meningkatkan penjualan karena go digital dalam artikel ini.

Ilustrasi Alinea.id/Firgie Saputra.

img
Kartika Runiasari
Reporter
img
Kartika Runiasari
Editor

Untuk informasi menarik lainnya,
follow akun media sosial Alinea.id

Bagikan :
×
cari
bagikan