sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Mengatasi bosan saat isolasi diri

Pandemi Covid-19 membuat pemerintah mengeluarkan imbauan tinggal di rumah. Ada beberapa aktivitas untuk membuat kita tak jenus di rumah.

Manda Firmansyah
Manda Firmansyah Kamis, 02 Apr 2020 06:31 WIB
Mengatasi bosan saat isolasi diri

Sosiolog dari Universitas Indonesia (UI) Ida Ruwaida mengatakan, kecemasan lebih banyak terjadi di masyarakat kelas menengah ke atas di perkotaan karena pandemi coronavirus sangat memengaruhi gaya hidup mereka. Alasan lainnya, masyarakat di perkotaan banyak menelan informasi yang berserak ketimbang masyarakat di perdesaan.

Di sisi lain, imbauan pemerintah untuk melakukan physical distancing dan tetap tinggal di rumah, ujar Ida, juga bisa membuat orang cemas. “Karena masyarakat Indonesia punya tradisi kumpul-kumpul, berkultur kolektif,” ujarnya.

Akan tetapi, kata psikoterapis sekaligus psikolog dari Universitas Tarumanegara, Sandi Kartasasmita, setiap orang memiliki kapasitas individu yang berbeda-beda. Sehingga, gangguan mental belum tentu muncul saat seseorang melakukan isolasi diri. Meski begitu, Sandi bilang, sebagai makhluk sosial, kondisi isolasi diri dalam waktu yang lama akan menimbulkan ketidaknyamanan emosi.

“Isolasi ini kan bukan kemauan kita sendiri. Namun, kondisi membuat kita memaksakan diri untuk melakukan isolasi,” ujar Sandi.

Sponsored

Infografik mengatasi bosan saat isolasi diri. Alinea.id/MT Fadillah.

Berita Lainnya