logo alinea.id logo alinea.id

Mobil-mobil antik yang menarik

Hawke’s Auto Gallery memiliki 130 koleksi mobil antik.

Nanda Aria Putra
Nanda Aria Putra Senin, 14 Jan 2019 19:30 WIB
Mobil-mobil antik yang menarik

Hartawan Setjodiningrat yang mendirikan Hauwke's Auto Gallery adalah kolektor mobil klasik, yang sudah malang melintang sejak 1979.

Nama Hauwke’s diambil dari sapaan akrab Hartawan di kalangan pecinta mobil klasik. Saat ini, galeri dan seluruh koleksi mobil yang ada di dalamnya dikelola oleh anak bungsu Hartawan, yakni Laurent Setjodiningrat.

Dari luar, tak tampak di mana barang-barang antik dan koleksi mobil kuno itu disimpan. Suasana berbeda terlihat, ketika melintasi lorong di samping bangunan utama rumah. Sederet mobil antik berjejer rapi. Ada mobil buatan Eropa dan Amerika keluaran awal 1900-an hingga 1920-an.

Laurent mengatakan, dia dan ayahnya sama-sama memiliki kecintaan terhadap mobil klasik. Bagi Laurent, menjaga benda klasik agar tetap ada sangat penting. Dengan begitu, semua orang bisa mengambil nilai sejarah yang terkandung di dalamnya.

Sponsored

Laurent berkisah, pernah ayahnya menyelamatkan salah satu mobil yang sarat sejarah, peninggalan Presiden Sukarno. Mobil tersebut sempat akan dijual oleh Sekretariat Negara ke luar negeri pada 1988, melalui proses lelang. Ayahnya yang mendengar berita tersebut, buru-buru membeli mobil itu.

Mencari keadilan tragedi kerusuhan 22 Mei

Mencari keadilan tragedi kerusuhan 22 Mei

Minggu, 26 Mei 2019 02:15 WIB
Ambu: Konflik 3 generasi dan adat Suku Baduy

Ambu: Konflik 3 generasi dan adat Suku Baduy

Sabtu, 25 Mei 2019 11:56 WIB