sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pangkas biaya kirim lewat jejaring gudang

Jejaring gudang mampu memangkas biaya pengiriman belanja online.

Syah Deva Ammurabi
Syah Deva Ammurabi Jumat, 16 Okt 2020 23:03 WIB
Pangkas biaya kirim lewat jejaring gudang
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 365.240
Dirawat 64.032
Meninggal 12.617
Sembuh 289.243

Hasil survei MarkPlus menunjukkan bahwa saluran e-commerce menjadi pilihan bagi 53,3% responden untuk berbelanja selama pandemi karena pelbagai kemudahan yang diberikan.

Sejalan dengan itu, marketplace Tokopedia juga mencatat kenaikan penjualan selama kuartal-III 2020. Bila dirinci, kategori makanan dan minuman meningkat hampir 3 kali lipat. Kategori rumah tangga pun meningkat lebih dari 2 kali lipat, sementara produk kesehatan hampir 2,5 kali lipat, dan kategori perawatan tubuh lebih dari 2 kali lipat.

Tak hanya itu, Tokopedia juga mencatat kenaikan jumlah penjual yang signifikan. Penjual yang telah bergabung mencapai 9,4 juta orang atau naik lebih dari 2,2 juta dibandingkan bulan Januari 2020. Sebanyak 86,5% di antaranya merupakan pedagang baru. 

Tokopedia juga sudah meluncurkan layanan pemenuhan pesanan (fulfillment service) TokoCabang bagi para penjualnya. Layanan yang diluncurkan sejak 2019 itu bertujuan memangkas biaya pengiriman dan mempercepat proses pengiriman barang.

Sponsored

Alinea.id mengulas inovasi TokoCabang sebagai salah satu upaya Tokopedia memberikan kemudahan bagi penjual dan pembeli disini.

Ilustrasi Alinea.id/Dwi Setiawan.

Berita Lainnya