sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Sejarah relasi Rusia-Ukraina

Selama berabad-abad, Ukraina pernah berada di bawah kuasa Rusia.

Christian D Simbolon
Christian D Simbolon Selasa, 01 Mar 2022 22:53 WIB
Sejarah relasi Rusia-Ukraina

Presiden Rusia Vladimir Putin menjilat ludahnya sendiri. Setelah berbulan-bulan membantah bakal menginvasi Ukraina, pasukan Rusia tiba-tiba dikerahkan menggempur sejumlah kota di negara tersebut. Putin berdalih Rusia hanya mengambil alih wilayah yang menjadi haknya.  

"Ukraina modern secara keseluruhan dibangun oleh Rusia, secara khusus oleh kaum Bolshevik, komunis Rusia. Proses ini diimulai setelah revolusi pada 1917," kata Putin dalam sebuah pidato yang disiarkan televisi Rusia, Senin (21/2) lalu. 

Jika mengacu pada sejarah modern, Putin tak sepenuhnya bohong. Sejak Kekaisaran Rusia tumbang pada 1917, Ukraina menjadi salah satu negara yang pertama bergabung menjadi bagian dari Uni Soviet. Selama berabad-abad sebelumnya, Ukraina juga merupakan negara vassal Rusia. 

Namun, sebelum dikuasai Rusia, Ukraina pernah merdeka. Kiev, ibu kota Ukraina bahkan telah berdiri jauh lebih lama ketimbang Moskow, ibu kota Rusia modern. Menurut catatan sejarah, bangsa Slavia, nenek moyang orang Rusia dan Ukraina bahkan sebelumnya tinggal di Kiev dan sejumlah wilayah di Ukraina. 

Dalam Ukraine: A History (2009), Orest Subtelny menjelaskan orang-orang Slavia mulai mendiami Ukraina sejak abad ke-6. Sebelumnya, Ukraina pernah jadi rumah bagi orang Syhctia, Samartia, Poliania, Yahudi, dan Yunani. 

Pada mulanya, orang-orang Slavia mendirikan desa-desa kecil di sekitar Kiev. Sebagian besar berprofesi sebagai petani dan pedagang. Ketika itu, Kiev yang berdiri bersisian dengan Sungai Dnieper tengah berkembang sebagai sebuah kota perdagangan dan berada di bawah kuasa Poliania. 

Orang-orang Slavia mulai mendominasi Kiev dan Ukraina pada akhir abad ke-8. Pada 882, dipimpin Oleh, orang-orang Slavia memberontak dan melengserkan kekuasaan Poliania di Kiev. Di kota yang kelak jadi ibu kota Ukraina itu, Oleh mendirikan kerajaan Kievan Rus' dan menaklukkan suku-suku kuat yang tinggal di sekitar Kiev.

"Puncak kariernya (Oleh) sebagai penguasa terekam pada 911. Ketika itu, ia memimpin pasukan besar menyerbu dan menjarah Konstantinopel," tulis Subtelny. 

Sponsored

Selama berabad-abad, Kiev dikuasai pangeran-pangeran dari Slavia. Menurut Subtelny, kejayaan Kievan Rus' mulai memudar jelang abad ke-12. Selain karena perebutan kekuasaan yang tak kunjung usai, daya tarik Kiev sebagai kota perdagangan juga turut luntur.
Infografik Alinea.id/Aisya Kurnia

Berita Lainnya