sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

8 pertanyaan untuk menimbang perlukah media sosial untuk Anda

Bagi pengusaha, ada keuntungan dan kerugian menggunakan media sosial untuk bisnis.

Arpan Rachman
Arpan Rachman Selasa, 19 Okt 2021 08:56 WIB
8 pertanyaan untuk menimbang perlukah media sosial untuk Anda

Media sosial telah menjadi salah satu sumber utama komunikasi dan konektivitas dengan semua orang. Media sosial mencakup segala hal mulai dari hiburan, berita, podcast, dan periklanan hingga pemasaran dan jaringan. Daftarnya, bagaimanapun, tidak terbatas pada kegiatan itu saja. Orang-orang terhubung melalui platform streaming langsung seperti Discord, Twitch, Instagram Live, LinkedIn Live, Facebook, dan YouTube Live.

Tak perlu dikatakan bahwa menggulir (scrolling) layar media sosial dan memposting bagian dari kehidupan kita telah menjadi akrab atau "normal". Lucu juga bila membandingkan media sosial sebagai "kenormalan baru" bagi setiap orang.

Semua orang berbicara tentang keuntungan dan kerugian besar menggunakan media sosial untuk bisnis mereka. Namun, ada aspek media sosial yang mungkin Anda ragukan.

Berikut adalah delapan pertanyaan yang dapat Anda tanyakan pada diri sendiri untuk mengetahui prioritas dan potensi media sosial Anda.

Apakah Anda ingin membangun bisnis Anda melalui citra pribadi yang autentik?

Pertanyaan pertama sangat penting untuk dipertimbangkan karena citra pribadi (personal branding) sangat penting dalam mengenali perusahaan dan produk atau layanannya. Citra pribadi telah menjadi cara cerdas untuk "memasarkan" diri Anda dan menciptakan kesadaran akan merek.

Perhatikan contohnya Elon Musk. Ketika Anda memikirkan Musk, Anda langsung memikirkan perusahaan mobil elektroniknya Tesla. Anda mungkin juga memikirkan perusahaan kendaraan luar angkasanya, SpaceX.

Mengapa pikiran Anda segera mengingat bisnisnya setiap kali Anda mendengar namanya? Jawabannya: citra pribadi yang autentik.

Sponsored

"Permainan" citra pribadi Musk kuat, dan kehadiran daringnya sangat penting. Satu twit darinya tentang mata uang kripto (cryptocurrency) yang harus disimak memengaruhi investor crypto untuk bergegas dan membeli crypto itu.

Citra pribadi yang autentik dapat berdampak seperti itu dalam mempengaruhi massa melalui satu twit.

Apakah Anda bersedia mengubah budaya perusahaan Anda?

Google secara eksponensial efektif dalam menyediakan dan menciptakan lingkungan kerja yang sangat baik bagi karyawannya. Misalnya, "cara Google" untuk memotivasi tenaga kerja adalah dengan mengutamakan karyawannya, daripada hanya mengandalkan hasil mereka.

Google secara teratur membagikan perjalanan karyawan baru dan lama melalui penceritaan di LinkedIn. Mereka memiliki blog reguler tentang bagaimana karyawan mereka bekerja dan apa yang memotivasi mereka untuk bekerja. Ketika karyawan keluar dari Google, mereka berbagi bahwa mereka sering menganggap perjalanan mereka sebagai perjalanan yang bermanfaat.

Melalui postingan media sosial dan artikel blog regulernya, Google telah mengubah budaya perusahaannya. Postingan-postingan ini juga memberikan taktik kehumasan karena mereka secara terbuka mengungkap hubungan internal mereka kepada publik. Taktik ini efektif dalam menciptakan kepercayaan konsumen terhadap merek Google.

Bagaimana Anda ingin meningkatkan keterlibatan pemangku kepentingan internal dan eksternal Anda?

Media sosial dapat membantu meningkatkan keterlibatan pemangku kepentingan internal dan eksternal. Cerita, artikel, video, dan foto Instagram atau LinkedIn reguler menciptakan kedekatan dengan merek.

Pembaruan rutin dari perusahaan Anda ini memberikan rasa "tetap berhubungan" dengan pemangku kepentingan internal dan eksternal Anda. Google lagi adalah contoh sempurna untuk poin ini.

Gary Vee adalah pengusaha penting lainnya dengan merek pribadi yang populer karena empati, saran nyata, dan praktisnya kepada pemirsa daring di Instagram, Facebook, LinkedIn, dan YouTube. Vee juga populer untuk podcast-nya, seperti "Gary Vee Audio Experience". Pengguna daring menganggapnya berharga karena kemampuan bisnis dan kecerdasan emosionalnya.

Apakah Anda menginginkan wawasan inovasi dan pengembangan produk dari pelanggan Anda?

Riset pasar adalah aspek penting dari bisnis apa pun, terutama selama peluncuran produk baru atau mendapatkan ide produk baru. Keterlibatan media sosial dengan audiens pasar Anda dapat membantu memudahkan proses penelitian yang memakan waktu ini.

Misalnya, Anda dapat menggunakan media sosial untuk mendapatkan formulir penelitian daring yang diisi oleh audiens target Anda dengan imbalan kartu hadiah UberEATS US$50 atau US$100. Jajak pendapat LinkedIn juga dapat menciptakan antusiasme atau mendapatkan tanggapan dari pelanggan Anda pada suatu produk.

Menurut artikel LinkedIn dari Benjamin Ang, hampir 67% dari 117 pemilihnya mengatakan "Ya!" untuk memberikan suara pada jajak pendapat LinkedIn. Melalui LinkedIn Polls, audiens Anda dapat berkomentar untuk interaksi yang menarik antara Anda dan mereka.

Apakah Anda ingin merekrut talenta terbaik dengan biaya lebih murah?

LinkedIn menjadi situs nomor satu untuk merekrut talenta terbaik dari dan menggantikan layanan perekrut. Untuk bisnis kecil, LinkedIn — dan bahkan baru-baru ini, Facebook Job Search — bertindak sebagai cara luar biasa untuk merekrut talenta terbaik.

LinkedIn bahkan membantu Anda merekrut talenta baru untuk perusahaan Anda. Menurut Hootsuite, hampir 60% pengguna LinkedIn berusia antara 25 hingga 34 tahun, dan 40% pengguna LinkedIn berganti pekerjaan atau karier setiap empat tahun.

Apakah Anda bersedia untuk melindungi reputasi Anda?

Media sosial dapat melindungi reputasi Anda di depan pemangku kepentingan Anda, baik internal maupun eksternal. Bayangkan situasi berikut:

Pukulan mencolok telah menghantam industri Anda. Tetapi karyawan dan pemangku kepentingan Anda memiliki kepercayaan penuh pada Anda. Bagaimana ini terjadi?

Audiens Anda mempercayai Anda. Citra pribadi autentik Anda telah diidentifikasi melalui nilai, tujuan, dan kemampuan Anda melalui pembaruan rutin Anda kepada pemangku kepentingan, personal branding terlampir, dan menyoroti budaya perusahaan Anda. Mereka telah menyaksikan tekad dan dedikasi Anda kepada klien dan karyawan Anda.

Apakah Anda ingin diakui sebagai CEO juara?

Richard Branson adalah juara CEO Virgin Group. Beberapa bisnisnya termasuk Virgin Atlantic, Virgin Galactic, dan bisnis pelayarannya Virgin Voyages.

Merek pribadi Branson sangat dinamis, berharga bagi audiensnya, dan memicu pola pikir yang berorientasi pada pertumbuhan. Buat audiens Anda melihat Anda sebagai "CEO Juara" dengan nilai-nilai yang akan membuat perbedaan nyata bagi dunia.

Apakah Anda siap untuk berinvestasi dalam kehadiran media sosial untuk pengembalian investasi yang berkelanjutan dalam jangka panjang?

Ya, pemasaran media sosial meningkatkan penjualan. Namun, mereka tidak selalu memberikan pengembalian investasi yang berkelanjutan. Tidak setiap kampanye pemasaran akan memberikan hasil yang sama.

Kabar baiknya adalah, memiliki kehadiran media sosial yang solid di platform teratas seperti Facebook, Instagram atau LinkedIn dan menyuarakan tujuan Anda melalui citra pribadi yang autentik. Tentu, ini adalah investasi yang memakan waktu, tetapi tanpa itu, Anda berada di bawah kekuasaan dunia offline dan strategi itu sudah ketinggalan zaman.

Mengapa Anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan media sosial pada tahap jenuh ini?

Media sosial dan hubungan klien sama pentingnya saat ini. Hanya saja hubungan ini telah menjadi digital, dan itulah kemudahan yang diberikan media sosial kepada penggunanya.

Media sosial jenuh dan melelahkan bagi bisnis baru untuk membangun kehadiran platform yang kuat. Ada kemungkinan besar konten Anda dibuang ke tong sampah jutaan pembaruan harian. Tetapi keuntungannya adalah ini membantu algoritma mengenali audiens target, minat, jenis bisnis, dan strategi Anda.

Pelanggan daring baru ingin berpartisipasi atau terlibat dengan perusahaan yang membantu untuk tujuan sosial. Jika Anda sebagai CEO mendukung tujuan sosial dan membagikan harapan dan impian Anda dengan audiens Anda, itu membantu membangun kepercayaan.

Memulai dari yang kecil dengan postingan yang konsisten, menarik, dan berharga membantu membentuk profil media sosial Anda. Konsistensi adalah aspek yang sangat penting dari pemasaran media sosial dan pembuatan konten.

(Opini oleh Jon Michail, CEO dan pendiri Image Group International, sebuah organisasi advis dan pembinaan citra perusahaan dan merek pribadi yang berbasis di Australia yang menyelenggarakan seminar transformasional, lokakarya, dan pembinaan pribadi di lebih dari empat benua.(entrepreneur)

Berita Lainnya
×
tekid