sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

BBC World Service memangkas hampir 400 pekerjaan buat menghemat £28,5 juta

BBC mengusulkan untuk mengakhiri sepuluh layanan radio, termasuk BBC Persia dan BBC Arab.

Arpan Rachman
Arpan Rachman Sabtu, 01 Okt 2022 20:42 WIB
BBC World Service memangkas hampir 400 pekerjaan buat menghemat £28,5 juta

BBC berencana untuk memangkas hampir 400 pekerjaan di World Service sebagai bagian dari rencana untuk menghemat £28,5 juta dari anggaran tahunan £340 juta dan menggeser lebih banyak konten dari linier ke digital.

BBC mengusulkan untuk mengakhiri sepuluh layanan radio, termasuk BBC Persia dan BBC Arab dengan keduanya tetap berada di TV linier, dan memindahkan tujuh layanan bahasa online saja. Ini berarti hampir setengah dari 41 layanan bahasa BBC World Service hanya digital.

Proposal juga melibatkan pemindahan produksi beberapa layanan dari London, termasuk layanan Thailand ke Bangkok, layanan Korea ke Seoul, layanan Bangla ke Dhaka dan buletin TV Focus On Africa yang disiarkan dari Nairobi. Diketahui bahwa staf di layanan bahasa Vietnam juga diminta untuk pindah dari London ke Bangkok di Thailand.

BBC mengatakan ini akan menempatkan saluran-saluran ini lebih dekat dengan pemirsa mereka dan mendorong keterlibatan, tetapi dipahami bahwa beberapa jurnalis yang berbasis di London yang terkena dampak memiliki kekhawatiran tentang kemampuan mereka untuk pindah dan kurangnya kebebasan pers di beberapa negara tempat mereka akan pindah. Thailand berada di peringkat 115 dari 180 negara dalam Indeks Kebebasan Pers Dunia RSF.

Proposal tersebut melibatkan kemungkinan penutupan sekitar 382 pekerjaan dalam konten berita, keluaran berita, dan operasi.

Sebuah pesan kepada staf dari direktur BBC World Service Liliane Landor, yang terbaca, mengatakan: “Proposal yang kami bagikan hari ini pasti akan mengarah ke World Service yang lebih kecil, karena kami terus menanggapi tantangan keuangan dan pindah ke struktur dan model operasi.

“Saya ingin menegaskan kembali bahwa potensi kehilangan pekerjaan sama sekali bukan cerminan dari pekerjaan yang telah dilakukan semua orang.” Landor menambahkan bahwa “setiap transformasi harus dimulai dari atas” dan mengatakan jumlah peran pemimpin senior dalam Bahasa Layanan Dunia akan dikurangi dari delapan menjadi tujuh.

Paul Siegert, penyelenggara penyiaran nasional di National Union of Journalists, mengatakan: “Pengumuman hari ini adalah akibat langsung dari pemerintah yang gagal mendanai BBC dengan benar. Mari kita perjelas, banyak dari layanan ini harus didanai langsung oleh Kementerian Luar Negeri dan bukan BBC, seperti sebelum tahun 2011.

“Ada manfaat langsung bagi pemerintah Inggris melalui soft power dan pengaruhnya di seluruh dunia melalui BBC World Service. Pemerintah perlu menerima ini dan mencari uang untuk membantu mendanai layanan sebelum terlambat.

“Kami juga prihatin bahwa beberapa layanan bahasa yang saat ini berbasis di London ditutup dan kantornya pindah ke Asia. Hal ini akan menyebabkan puluhan orang kehilangan pekerjaan yang tidak perlu karena banyak jurnalis tidak akan dapat pindah karena masalah hak asasi manusia di negara tempat mereka dipindahkan. BBC perlu meyakinkan kita bahwa mereka berkomitmen untuk mempekerjakan kembali para jurnalis ini dan bahwa tidak akan ada pemecatan wajib.”

Berita itu muncul saat BBC terus berkonsultasi mengenai proposal untuk menggabungkan saluran BBC News dan BBC World News, yang akan mengakibatkan 70 PHK dari operasi BBC News di Inggris.

BBC mengatakan layanan internasionalnya perlu melakukan penghematan sebesar £28,5 juta sebagai bagian dari penghematan tahunan £500 juta dan reinvestasi digital yang lebih luas.

BBC menghabiskan £340 juta untuk World Service pada 2021-2022, £97 juta di antaranya berasal dari hibah pemerintah.

BBC mengatakan tidak ada layanan bahasa yang akan ditutup sama sekali dan akan terus beroperasi di semua bahasa dan negara seperti saat ini. Ini termasuk melanjutkan 11 bahasa baru yang diperluas pada 2016, di bawah ekspansi terbesarnya sejak 1940-an.

BBC mengusulkan untuk mengakhiri layanan radio bahasa Arab, Persia, Kirgistan, Uzbek, Hindi, Bengali, Cina, Indonesia, Tamil, dan Urdu.

Ia juga ingin menjadikan layanan bahasa Cina, Gujarati, Igbo, Indonesia, Pidgin, Urdu, dan Yoruba hanya digital.

Staf diberitahu bahwa World Service akan berhenti diorganisir secara internal berdasarkan wilayah, dengan tim yang disatukan dengan mereka yang melayani "kebutuhan audiens yang serupa" sebagian bergantung pada penetrasi digital di pasar, ketersediaan berita, dan analisis independen lainnya.

Dalam sebuah pernyataan, Landor mengatakan: "Peran BBC tidak pernah lebih penting di seluruh dunia. BBC dipercaya oleh ratusan juta orang untuk berita yang adil dan tidak memihak, terutama di negara-negara di mana ini kekurangan pasokan. Kami membantu orang-orang dan akan terus menghadirkan jurnalisme terbaik kepada audiens dalam bahasa Inggris dan lebih dari 40 bahasa, serta meningkatkan dampak dan pengaruh jurnalisme kami dengan membuat cerita kami lebih maju.

"Ada kasus yang menarik untuk memperluas layanan digital kami di seluruh World Service untuk melayani dan terhubung dengan lebih baik dengan audiens kami. Cara audiens mengakses berita dan konten berubah dan tantangan untuk menjangkau dan melibatkan orang-orang di seluruh dunia dengan kualitas, jurnalisme tepercaya sedang tumbuh."

BBC mengatakan World Service English akan terus disiarkan sebagai layanan radio 24 jam tetapi akan mengubah konten dan jadwalnya untuk berinvestasi dalam inisiatif baru seperti mengembangkan podcast baru, termasuk satu "untuk audiens yang lebih muda secara global". Ini akan menambah lebih banyak berita langsung dan olahraga dan meluncurkan untaian sains selama satu jam dari Cardiff, tempat tim sains pindah pada tahun lalu.

Di tempat lain, BBC mengatakan akan fokus pada dampak daripada jangkauan misalnya dengan mengurangi berapa banyak radio dan TV yang disindikasikan kepada mitra demi audiens yang datang langsung untuk membantunya "membangun keterlibatan jangka panjang". Ia juga sesumbar bahwa World Service saat ini mencapai 148 juta audiens dalam sepekan rata-rata.

Rencana tersebut juga mencakup pembuatan pusat produksi konten digital-first commissioning dan newsgathering baru yang terpusat untuk semua layanan non-bahasa Inggris, menyatukan investigasi dan dokumenter jangka panjang seperti yang dibuat oleh Africa Eye dan BBC Arabic, menciptakan unit global China yang baru di London untuk menceritakan kisah global Cina, dan membuat pusat konten Afrika untuk semua 12 layanan bahasa Afrika.(pressgazette)

Berita Lainnya
×
tekid