sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Fotografer asal Indonesia menang penghargaan internasional

Fotografer Dilla Djalil Daniel menangkap upaya rehabilitasi bayi orangutan yang telah terpisah dari induknya.

Robertus Rony Setiawan
Robertus Rony Setiawan Senin, 16 Sep 2019 16:22 WIB
Fotografer asal Indonesia menang penghargaan internasional

Kompetisi fotografi dunia The Alfred Fried Photography Award menganugerahi medali emas kepada lima pemenang karya foto terbaik tahun 2019. Diumumkan di Wina, Austria, Kamis lalu (12/9), pelaksana The Alfred Fried Photography Award memberikan apresiasi atas karya terpilih dari seleksi atas 17.387 karya foto dari 113 negara. 

Fotografer asal Indonesia, Dilla Djalil Daniel, menjadi salah satu dari lima pemenang karya foto terbaik. Dilla mengirimkan karya foto berjudul “The Forest Orphanage”.

Dilla menampilkan enam belas karya foto yang memuat puluhan satwa bayi orangutan di pusat rehabilitasi di Kalimantan Barat. Dalam format hitam-putih, foto-foto itu secara kuat memperlihatkan sejumlah interaksi di antara sekawanan orangutan, juga kontak orangutan dengan manusia. Beberapa interaksi itu berlatar hutan Indonesia yang asri dan aktivitas perawatan oleh petugas rehabilitasi orangutan.

Dilla merupakan satu-satunya peserta dari Indonesia dalam kompetisi ini. Dari ribuan karya foto yang diterima panitia, karya terbanyak berasal dari Cina, yakni 271 karya foto, 187 karya dari India, 116 dari Rusia, 111 dari Amerika Serikat, dan 103 dari Jerman.