sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Arus balik libur panjang mulai terlihat

Polda Metro Jaya dan Polda Jawa Barat bekerja sama atur lalin arus balik libur panjang.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Sabtu, 31 Okt 2020 10:58 WIB
Arus balik libur panjang mulai terlihat
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 882.418
Dirawat 138.238
Meninggal 25.484
Sembuh 718.696

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyebut mulai ada peningkatan kendaraan dari luar kota hari ini, Sabtu (31/10).

"Ya, untuk arus balik kita perkirakan sudah ada peningkatan hari Sabtu dan Minggu ya," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnono Yogo saat dihubungi, Sabtu (31/10).

Sambodo mengatakan, sudah mengantisipasi terjadinya peningkatan volume kendaraan arus balik tersebut. Pihaknya pun telah berkoordinasi dengan Polda Jawa Barat untuk memantau arus balik kendaraan.

Diprediksi, peningkatan kendaraan akan terjadi di Gerbang Tol Cikampek Utama dan Gerbang Tol Kalihurip Utama.

"Artinya, kendaraan-kendaraan dari arah Bandung dan daerah Palimanan dari arah Jawa Tengah jika memang sudah terjadi peningkatan kita perkirakan setengah sudah masuk wilayah Polda Metro Jaya untuk kita lakukan upaya-upaya, kalau bisa kita akur kita bisa lancarkan," ucap Sambodo.

Seperti diketahui, libur panjang dan cuti bersama berlangsung sejak 29 Oktober 2020 sampai 1 November 2020. Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri sudah menyiapkan 645 pos pengamanan di titik-titik ruas jalan arteri maupun tol hingga lokasi-lokasi tempat wisata.

Sebanyak 160.916 personel gabungan pun ditugaskan untuk memberikan rasa aman terhadap masyarakat yang hendak berlibur.

Skenario yang diberlakukan, yakni rekayasa lalu lintas di sejumlah ruas jalan, seperti ruas jalan tol Jakarta-Cikampek, pengaturan buka tutup di rest area, memperbanyak petugas card reader di pintu-pintu tol, hingga melarang truk di atas tiga sumbu melintas di tol Jakarta-Cikampek.

Sponsored
Berita Lainnya