Asia Sentinel hapus artikel terkait kasus Bank Century

Laporan terkait kasus Bank Century di media luar negeri, Asia Sentinel dihapus.

Asia Sentinel hapus artikel terkait kasus Bank Century Link artikel dengan judul "Indonesia's SBY Government: Vast Criminal Conspiracy", kini tak bisa ditemukan di laman Asia Sentinel. 

Laporan terkait kasus Bank Century di media luar negeri, Asia Sentinel dihapus. Link artikel dengan judul "Indonesia's SBY Government: Vast Criminal Conspiracy" itu, kini tak bisa ditemukan di laman Asia Sentinel. 

Sebelumnya laporan itu menyebutkan adanya konspirasi pencurian uang negara sebesar US$12 miliar yang melibatkan 30 pejabat negara dan mencucinya melalui perbankan internasional. Laporan yang ditulis John Berthelsen itu menyebutkan ada keterkaitan Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan kasus Bank Century.

Berthelsen merujuk pada hasil investigasi serta keterangan tertulis di bawah sumpah sejumlah investigator dan pengacara. Dia mengungkapkan, Bank Century beralih menjadi Bank Mutiara dan akhirnya diambilalih perbankan asal Jepang J Trust dan keterlibatan Demokrat serta SBY.

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarif Hasan menyebut berita yang diterbitkan oleh Asia Sentinel tersebut sebagai berita sampah. Artikel itu disebut untuk menjatuhkan elektabilitas partainya saat pemilu 2019 mendatang.

"Ini tahun politik, pasti berita sampah, berita yang tak bisa dipertanggungjawabkan," paparnya.

Sementara itu, Alinea.id telah mencoba menghubungi Berthelsen untuk meminta konfirmasi terkait artikel tersebut. Namun, hingga kini belum mendapatkan respons. 


Berita Terkait