sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Curhat SBY 10 tahun difitnah terlibat kasus Century

"Kami sudah sangat lelah dan menderita, karena hampir 10 tahun kami dicurigai dan difitnah seolah menerima dana dari Century."

Soraya Novika
Soraya Novika Minggu, 11 Nov 2018 19:15 WIB
Curhat SBY 10 tahun difitnah terlibat kasus Century
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 78572
Dirawat 37226
Meninggal 3710
Sembuh 37636

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), mengaku menderita karena selalu dicurigai menerima aliran dana dalam kasus Century. Karenanya setelah muncul laporan dari media asing Asia Sentinel, yang menyebut keterlibatan SBY dan partainya dalam kasus itu, Partai Demokrat melakukan investigasi terkait pemberitaan tersebut.

"Kami sudah sangat lelah dan menderita, karena hampir 10 tahun kami dicurigai dan difitnah seolah menerima dana dari Century. Dengan izin Allah SWT, 2018 ini menjadi momen kami untuk berjuang dan berjihad demi kebenaran dan keadilan, bahwa baik saya maupun Partai Demokrat, sama sekali tidak pernah menerima aliran dana Century sepersen pun," kata SBY dalam acara penutupan pembekalan calon legislatif DPR RI Partai Demokrat, di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Minggu (11/11).

SBY mengaku kecewa dengan para lawan politiknya yang dengan mudah memanfaatkan fitnah tersebut sebagai gorengan politik. Namun demikian, SBY tetap mengimbau agar para kadernya tidak melakukan hal serupa. SBY juga mengingatkan agar para kader Demokrat terus mengedepankan kebenaran serta keadilan atas apapun.

"Mulai dari proyek Hambalang sampai skandal Century, hingga saat ini, sengaja digoreng pihak-pihak tertentu, tapi kami hanya menginginkan kebenaran dan keadilan. Kami tidak gemar memfitnah pihak lawan, karena kami percaya bahwa negeri kita akan indah kalau kita semua bisa mencegah diri dari segala tindak tanduk penyebaran hoaks dan fitnah," katanya.

SBY juga menyakini dengan terungkapnya kebenaran kasus tersebut, Partai Demokrat dapat melaju lebih pesat dari kemenangan-kemenangan sebelumnya.

"Partai Demokrat akan tetap eksis dan Insya Allah lebih sukses dari Pemilu 2014 lalu. Pesan dan instruksi saya untuk seluruh kader Demokrat, sekarang kita fokus saja menjalankan 14 prioritas Partai Demokrat," katanya tanpa merinci ke-14 prioritas yang dimaksud.

Menurut SBY, investigasi terhadap artikel yang diturunkan Asia Sentinel merupakan hal penting. Karenanya meski pihak redaksi Asia Sentinel telah menarik artikel tersebut, penjelasan hasil investigasi tetap dianggap perlu, demi meluruskan citra SBY dan Partai Demokrat.

"Penjelasan dari investigasi ini penting, mengingat yang diberitakan Asia Sentinel merupakan fitnah yang sudah keterlaluan, dan kalau dibiarkan akan merusak nama baik SBY dan Partai Demokrat selamanya," ujar SBY.

Sponsored

Selain untuk membersihkan nama baik, kata dia, penjelasan atas hasil investigasi, juga untuk menegaskan bahwa partainya bersih dari segala kasus korupsi, termasuk megaproyek Hambalang. Menurut SBY, hasil investigasi tersebut membuktikan bahwa tuduhan korupsi terhadapnya dan Partai Demokrat tidak benar.
 

Berita Lainnya