sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Disabilitas Jatim dibekali pelatihan agar mandiri

Akan dibangun Difa Mall di UPT RSBD untuk memasarkan karya penyandang disabilitas.

Fatah Hidayat Sidiq
Fatah Hidayat Sidiq Selasa, 11 Agst 2020 10:50 WIB
Disabilitas Jatim dibekali pelatihan agar mandiri

Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) memberikan berbagai pelatihan keterampilan kepada penyandang disabilitas. Sehingga, mememiliki karya dan mampu hidup mandiri.

"Jika mereka sudah diberikan keterampilan, maka mereka bisa berusaha mandiri dan harapannya bisa kembali hidup normal dengan selayaknya. Meskipun memiliki kekurangan fisik, namun mereka masih bisa berprestasi," ujar Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Jatim, Alwi.

Pelatihan yang diberikan Dinsos Jatim melalui Unit Pelaksana Teknis Rehabilitasi Sosial Bina Daksa (UPT RSBD) beragam. Mulai servis ponsel dan elektronik hingga keterampilan sablon, prothese dan orthese, serta menjahit dan bordir.

Kepala UPT RSBD, Yoesmanu, menambahkan, pihaknya juga mengadakan Program Wisata Edukasi Sosial Disabilitas Daksa (Pro Wes Difa). Tujuannya, memberikan edukasi bagi masyarakat terkait kemahiran penyandang disabilitas.

Sponsored

Mengutip situs web Pemprov Jatim, pengunjung juga bisa membeli produk yang dihasilkan para penyandang disabilitas. Tidak ada biaya untuk mengikuti Pro Wes Difa.

"Kami siapkan juga satu bangunan untuk diisi dengan berbagai produk hasil kreativitas dari tunadaksa ini agar pengunjung juga bisa membelinya. Gedung tersebut kami berikan nama Difa Mall. Banyak produknya, seperti bordir maupun masker," tuturnya.

Berita Lainnya

Pemkot Kediri upayakan tambah ambulans

Sabtu, 10 Jul 2021 18:32 WIB

2 varian Xiaomi Mi MIX 4 muncul di TENAA

Kamis, 29 Jul 2021 15:17 WIB

ICW: Tuntutan 11 Tahun Juliari Sangat Rendah

Kamis, 29 Jul 2021 18:48 WIB