sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

DPRD berang Pemprov DKI anggarkan konsultan revitalisasi Ragunan Rp75 M

Dalam pengajuan anggaran, Pemprov DKI menggunakan modus-modus tertentu.

Eka Setiyaningsih
Eka Setiyaningsih Selasa, 05 Nov 2019 20:16 WIB
DPRD berang Pemprov DKI anggarkan konsultan revitalisasi Ragunan Rp75 M
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 70736
Dirawat 34668
Meninggal 3417
Sembuh 32651

Wakil Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta, Nova Harivan Paloh, berang ketika mengetahui Pemerintah Provonsi DKI Jakarta menganggarkan dana untuk revitalisasi kebun binatang Ragunan, Jakarta Selatan, mencapai Rp75 miliar. 

Kekesalan Nova Paloh semakin memuncak ketika Pemprov DKI Jakarta menganggarkan biaya sebesar itu menggunakan modus-modus tertentu untuk berupaya mengelabui anggota DPRD DKI. Pasalnya, dalam pengajuan anggarannya, judul yang diajukan yakni untuk revitalisasi. Tapi ternyata biaya Rp75 miliar itu hanya untuk jasa konsultan.

“Saat rapat kemarin, ada usulan anggaran jasa konsultan margasatwa Ragunan sampai Rp75 miliar. Judul (yang diajukan) revitalisasi, tapi ternyata itu hanya untuk jasa konsultan saja,” kata Nova di Gedung DPRD DKI, Jakarta, Selasa (5/11).

Nova menegaskan menolak usulan anggaran konsultan untuk revitalisasi Ragunan itu yang dianggapnya sebagai program yang tidak wajar. Penolakan tersebut dia sampaikan saat rapat kerja bersama Dinas Kehutanan Pemprov DKI. 

Nova menceritakan, saat dirinya melontarkan kritik terhadap program tersebut, Dinas Kehutanan DKI sempat mengusulkan untuk mengurangi anggaran menjadi Rp55 miliar. Namun, Nova kembali menegaskan tetap menolak usulan tersebut. Menurutnya, usulan tersebut tidak efektif dan hanya menghabiskan anggaran saja. 

“Jadi, sama mereka diturunkan menjadi Rp55 miliar katanya buat efisiensi," kata Nova.

Setelah berdebat cukup panjang, kata Nova, Komisi D akhirnya menyetujui anggaran konsultan untuk revitalisasi Ragunan dengan biaya yang turun drastis menjadi Rp4 miliar saja.

“Terus kita pertanyakan lagi, buat apa ini, karena kita menyangka untuk perbaikan dan keseluruhan. Enggak tahunya itu hanya konsep. Akhirnya kita sepakati turunkan jadi Rp4 miliar saja untuk biaya konsultan,” ucap Nova.

Sponsored

Dengan demikian, pihaknya pun mengetok usulan anggaran untuk jasa konsultan revitalisasi Taman Margasatwa atau kebun binatang Ragunan senilai Rp4 miliar.

Berita Lainnya