sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Gus Sholah wafat karena sakit jantung

Gus Sholah wafat pada usia 77 tahun setelah menjalani operasi jantung di RS Harapan Kita

Tito Dirhantoro
Tito Dirhantoro Minggu, 02 Feb 2020 22:25 WIB
Gus Sholah wafat karena sakit jantung
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 78572
Dirawat 37226
Meninggal 3710
Sembuh 37636

Tokoh Nahdlatul Ulama, KH Sholahuddin Wahid atau biasa disapa Gus Sholah tutup usia pada Minggu (2/2) sekitar pukul 20.55 WIB. Tokoh NU kelahiran 11 September 1942 itu meninggal di usia 77 tahun. 

Dari laman media sosial putra Gus Sholah, Irfan Wahid atau dikenal Ipang Wahid, mengatakan meminta permohonan maaf dari almarhum ayahnya jika ada kesalahan. "Mohon dimaafkan seluruh kesalahan," tulis Ipang di laman Facebook dan Twitternya, Minggu (2/2).

Menurut Ipang, Gus Sholahhanya dirawat ketika mengalami penurunan kesehatan setelah operasi jantung di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, Jakarta. Gus Solah sempat menjalani tindakan medis ablasi. Operasi itu dilakukan karena ada masalah pada selaput jantungnya.

Padahal, Gus Sholah sebelumnya telah sukses menjalani operasi untuk mengatasi gangguan irama jantung atau ablasi di rumah sakit. Setelah itu, Gus Sholah dibolehkan pulang.

Beberapa hari di rumah, tubuh Gus Sholah kembali lemas sehingga keluarga langsung membawanya kembali ke rumah sakit kembali hingga kini. Ulama sepuh NU itu dirawat di rumah sakit sejak 31 Januari 2020. 

Gus Sholah merupakan adik dari mantan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Pengasuh Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang, itu mengalami sakit jantung. 

Santri dari Pondok Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, sebelumnya menggelar doa bersama untuk kesembuhan gus Sholah karena dikabarkan mengalami penurunan kesehatan setelah operasi jantung di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, Jakarta.

"Para santri selalu mendoakan Gus Sholah (KH Sholahudin Wahid). Selesai shalat fardhu bersama-sama mengirimkan Al Fatihah (Surat Al Fatihah) untuk kesembuhan Gus Sholah," kata Mundir Pembinaan Pesantren Ponpes Tebuireng, Jombang, Lukman Hakim.

Sponsored

Lukman mengatakan, Gus Sholah memang beberapa waktu terakhir masuk dan keluar rumah sakit. Namun, Gus Sholah juga langsung mendapatkan perawatan ketika mengalami penurunan kesehatan.

Terkait dengan aktivitas para santri, Lukman mengatakan saat ini berjalan seperti biasa. Aktivitas belajar mengajar juga berlangsung sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Berita Lainnya