logo alinea.id logo alinea.id

Jokowi minta bertemu Habib Rizieq saat umrah adalah hoaks

Informasi bahwa Jokowi mendatangi Habib Rizieq Shihab di Arab Saudi di sela-sela ibadah umrah adalah bohong alias hoaks.

Achmad Al Fiqri
Achmad Al Fiqri Senin, 15 Apr 2019 17:56 WIB
Jokowi minta bertemu Habib Rizieq saat umrah adalah hoaks

Informasi bahwa Jokowi mendatangi Habib Rizieq Shihab di Arab Saudi di sela-sela ibadah umrah adalah bohong alias hoaks.

Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin, Arya Sinulingga, menepis tudingan Presiden Joko Widodo meminta kesediaan Habib Rizieq untuk bertemu di Kota Makkah. Dia menyatakan calon presiden nomor urut 01 itu tidak pernah membuat jadwal pertemuan dengan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) itu.

"Wah tidak benar itu. Presiden Jokowi tidak pernah menjadwalkan pertemuan dengan Habib Rizieq dalam kunjungan ke Arab Saudi," kata Arya, saat dihubungi Alinea.id, Senin (15/4).

Arya menjelaskan, kunjungan orang nomor satu Indonesia ke Arab Saudi itu untuk memenuhi undangan Raja Salman bin Abdul Aziz. Dalam kunjungan kerja tersebut, Jokowi akan membahas sejumlah kerja sama dengan negara minyak itu.

"Kunjungan (Jokowi) ke Arab Saudi adalah untuk memenuhi undangan Raja Salman bin Abdul Aziz, membicarakan kerja sama bilateral kedua negara, dan juga untuk melaksanalan ibadah umrah," ucap Arya.

Dia menyebut salah satu kerja sama yang akan dibahas dengan Raja Salman yakni soal penambahan kuota haji. Karena itu, Arya menegaskan kunjungan Joko Widodo ke Arab Saudi bukan untuk menemui Habib Rizieq.

"Itu kan ada kerjasama bilateral. Salah satunya membahas penambahan 10.000 kuota haji," ujar Arya.

Sponsored
— Mardani (@MardaniAliSera) April 14, 2019

Seperti diketahui, tersiar kabar Presiden Joko Widodo mengundang Habib Rizieq untuk bertemu di Kota Makkah. Pernyataan itu ditulis oleh akun twitter FPI, @FPI_Petamburan, Minggu (14/4).

"Info dari sumber Makkah; menurut Info dari sumber Makkah timses Paslon 01 Jokowi-Ma'ruf telah menghubungi tim Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab yang berada di Kota Suci Makkah Almukarromah, Saudi Arabia," cuit akun @FPI_Petamburan, Minggu (14/4).

Akun tersebut bahkan menuding tim pemenangan Jokowi meminta kesediaan Habib Rizieq untuk bertemu Jokowi di salah satu hotel di Kota Makkah. Selain itu, akun tersebut juga menulis, Jokowi meminta Habib Rizieq untuk menemani masuk ke dalam Ka'bah.

"Tim Jokowi meminta untuk bisa bertemu dan melakukan pertemuan dengan Habib Rizieq di salah satu hotel berbintang di Kota Makkah, serta meminta Habib Rizieq mau menemani Jokowi untuk masuk ke dalam Ka'bah," cuitnya.

Akun twitter bernama Front Pembela Islam itu bahkan mengklaim, tim Jokowi mengiming-imingi Habib Rizieq masuk ke dalam Ka'bah agar dapat bertemu dengan calon presiden nomor urut 01 itu.

"Dan dengan iming-iming akan diajak masuk ke dalam Ka'bah itu tim Jokowi berharap Habib Rizieq bersedia untuk bertemu dan menemani Jokowi di Makkah," cuitnya.

Akun tersebut menulis, imam besar FPI itu menolak bertemu Jokowi yang tengah berada di Arab Saudi untuk melaksanakan umrah.

"Namun, permintaan itu dengan tegas ditolak oleh Habib Rizieq. Habib Rizieq menolak bertenu dengan Jokowi terlebih lagi di masa tenang Pemilu ini," tulisnya.