sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Jokowi: Teknologi kunci kemajuan Indonesia

Semakin banyaknya rantai pasok yang diproduksi dalam negeri imbas perkembangan teknologi akan membuat nilai tambah meningkat.

Fatah Hidayat Sidiq
Fatah Hidayat Sidiq Selasa, 10 Agst 2021 14:32 WIB
Jokowi: Teknologi kunci kemajuan Indonesia

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, teknologi merupakan kunci dari kemajuan Indonesia. Karenanya, harus melakukan reformasi struktural guna membangun kemajuan, salah satunya melalui hilirisasi industri dalam negeri.

"Kita tidak hanya memanfaatkan sumber daya yang melimpah, tetapi bisa meningkatkan nilai tambah dan peluang kerja melalui pengembangan industri hilir dan kuncinya adalah teknologi," ucapnya saat mengikuti Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harkiteknas) secara daring, Selasa (10/8).

Menurutnya, bakal semakin tinggi nilai tambah dan manfaat dari kian banyaknya rantai pasok yang diproduksi dalam negeri. "Semua itu kuncinya adalah teknologi, terutama teknologi masa depan."

"Teknologi menuju green economy. Pasar dunia akan mengarah pada green product yang low carbon, environmentally efficient, dan socially inclusive," imbuh mantan Gubernur DKI Jakarta ini, melansir situs web Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Karenanya, Jokowi berharap, peringatan Harkiteknas ke-26 dimanfaatkan untuk mengambangkan teknologi nasional. "Kita harus yakin, bahwa dengan SDM dan SDA kita yang melimpah, kita memiliki kekuatan negosiasi yang kuat," ujarnya.

Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Laksana Tri Handoko, menambahkan, Indonesia memiliki semua unsur penting untuk menjadi negara maju. Potensi SDA yang melimpah, keanekaragaman hayati dan budaya yang tinggi, geografis strategis, serta SDM yang tinggi dinilai menjadi modal yang besar.

"Namun untuk mencapai semua itu, kita perlu mendorong hadirnya inovasi berbarengan dengan penguasaan riset sebagai basis pertumbuhan ekonomi bangsa," klaimnya.

Karenanya, BRIN telah menetapkan tiga arah dan tujuh target. Arah yang dicanangkan, yakni konsolidasi SDM, infrastruktur, dan anggaran; menciptakan ekosistem riset sesuai standar global yang inklusif dan kolaboratif; serta menciptakan fondasi ekonomi berbasis riset yang kuat dan berkesinambungan dengan fokus digital ekonomi biru.

Sponsored

Adapun tujuh targetnya, yakni konsolidasi lembaga riset pemerintah utama pada 1 Januari 2022; transformasi proses bisnis dan manajemen riset secara menyeluruh; dan memfokuskan kembali pada riset untuk meningkatkan nilai tambah ekonomi berbasis SDA dan keanekaragaman selain mengejar ketertinggalan iptek.

Selain itu, menjadikan Indonesia sebagai pusat dan platform riset global berbasis SDA dan keanekaragaman lokal; Fasilitasi dan pengaktif industri lokal mengembangkan produk berbasis riset dan menciptakan industri dengan basis riset kuat dalam jangka panjang; menjadi platform penciptaan SDM unggul di bidang keilmuan dan wirausaha berbasis inovasi iptek; serta meningkatkan dampak ekonomi langsung dari aktivitas riset dan menjadikan iptek sebagai tujuan investasi jangka panjang-penarik devisa.

Berita Lainnya
×
tekid