sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kapolri ancam sanksi kapolda dan kapolres yang tak tindak premanisme

"Saya akan ikuti perkembangan di lapangan apakah sudah dilaksanakan dengan baik atau belum," ucap Sigit.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Jumat, 11 Jun 2021 21:14 WIB
Kapolri ancam sanksi kapolda dan kapolres yang tak tindak premanisme

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan akan menegur kapolda dan kapolres yang belum melakukan penindakan terhadap aksi premanisme di wilayahnya.

Sigit menegaskan, seluruh kapolda hingga kapolres telah diinstruksikan menindak aksi premanisme dan pelaku kejahatan konvensional lainnya yang meresahkan masyarakat. Hal tersebut, menindaklanjuti perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

"Kalau belum action juga saya selaku Kapolri yang akan tegur, ini juga bagian dari program Harkamtbmas di program Presisi yang harus ditindaklanjuti oleh seluruh anggota dan jajaran di lapangan," kata Sigit dalam keterangan tertulisnya, Jumat (11/6).

Sigit menekankan, instruksi itu juga berlaku bagi Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto agar penindakan di tingkat Bareskrim juga dilakukan. 

Sponsored

Penindakan itu diperintahkan Sigit untuk dilakukan secara sepat. "Semua polda dan Kabareskrim untuk merespon cepat dan ambil langkah-langkah apabila ada pengaduan dari masyarakat terkait gangguan kriminalitas yang dilakukan para preman, pelaku curas dan tukang palak dan peras dan para pelaku kejahatan konvensional lainnya utk segera diberantas habis," ujarnya.

Dia mengungkapkan, penindakan premanisme itu akan langsung dipantaunya. Penindakan juga diwajibkan dibeberkan ke masyarakat sebagai bentuk transparansi.

"Saya akan ikuti perkembangan di lapangannya apakah sudah dilaksanakan dengan baik atau belum," ucap Sigit.

Ramai-ramai melepas jerat fast fashion

Ramai-ramai melepas jerat fast fashion

Sabtu, 12 Jun 2021 08:10 WIB
Pilu di balik pembatalan ibadah haji

Pilu di balik pembatalan ibadah haji

Jumat, 11 Jun 2021 07:19 WIB
Berita Lainnya