sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kemenag: Sidang isbat awal Ramadan 12 April

Sidang isbat awal Ramadan digelar secara daring dan luring.

Achmad Al Fiqri
Achmad Al Fiqri Kamis, 01 Apr 2021 12:58 WIB
Kemenag: Sidang isbat awal Ramadan 12 April
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Kementerian Agama (Kemenag) bakal menggelar sidang isbat atau penetapan awal Ramadan 1442 H pada 12 April 2021. Sidang isbat, rencananya akan digelar secara offline dan virtual guna menangkal laju penukaran Covid-19.

"Insya Allah, sidang isbat awal Ramadan digelar 12 April 2021. Karena masih pandemi, sidang akan kembali digelar secara daring dan luring dengan menerapkan protokol kesehatan," kata Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin, dalam keterangannya, Kamis (1/4).

Komarudin melanjutkan, sidang isbat akan diawali dengan seminar terkait posisi hilal awal Ramadan dan pelaksanaan rukyatul hilal. Dia menerangkan, posisi awal Ramadan 1442 H sudah di atas ufuk berkisar antara 2 derajat 37 menit sampai 3 derajat 36 menit bila dilihat dengan cara hisab. "Hasil hisab ini kemudian dikonfirmasi melalui Rukyatul Hilal yang akan digelar di 86 titik di seluruh Indonesia," tuturnya.

"Di Jakarta, rukyatul hilal antara lain akan dilaksanakan di Gedung Kanwil Kemenag DKI Jakarta, Kepulauan Seribu, Masjid KH Hasyim Asy'ari, dan Masjid Al Musyari'in Basmol," imbuh Komarudin.

Sponsored

Terkait pelaksanaan sidang isbat, kata Komarudin, akan melibatkan Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kementerian Agama, Dubes negara sahabat, perwakilan organisasi masyarakat, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), dan pihak terkait lainnya.

"Sidang isbat akan dipimpin oleh Menag Yaqut Cholil Qoumas. Kami juga mengundang pimpinan MUI dan Komisi VIII untuk hadir dalam sidang," tuturnya.

Komarudin menerangkan, pelaksanaan sidang isbat oleh Kementerian Agama sesuai dengan Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 2 tahun 2004 tentang Penetapan Awal Ramadan, Syawal, dan Zulhijjah. "Karenanya, sidang isbat awal Ramadan ini digelar pada 29 Sya'ban yang bertepatan 12 April 2021," pungkasnya.

Berita Lainnya