sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kepala BKN jelaskan proses awal hingga pelaksanaan TWK ke Komnas HAM

Bima mengaku, menyampaikan keterangan dari masuknya TWK dalam Peraturan KPK atau Perkom Nomor 1 Tahun 2021 sampai pelaksanaan TWK.

Akbar Ridwan
Akbar Ridwan Selasa, 22 Jun 2021 19:04 WIB
Kepala BKN jelaskan proses awal hingga pelaksanaan TWK ke Komnas HAM

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana rampung diperiksa Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas) HAM, Selasa (22/6). Dia digali pengetahuannya sekitar empat jam mengenai asesmen tes wawasan kebangsaan atau TWK pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Kepada Komnas HAM, Bima mengaku, menyampaikan keterangan dari masuknya TWK dalam Peraturan KPK atau Perkom Nomor 1 Tahun 2021 sampai pelaksanaan TWK.

"Dan dalam kaitan dengan pelaksanaan tentu BKN hanya mampu menjawab apa yang menjadi tugas dan kewenangan. Karena di dalam pelaksanaan TWK itu, ini kolaborasi dengan banyak instansi lain," kata Bima saat jumpa pers di Komnas HAM, Jakarta.

Lembaga yang dimaksud Bima adalah, Dinas Psikologi TNI AD, Pusat Intelijen TNI AD, Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Badan Intelijen Negara (BIN). Menurut dia, semua tugas dan kewenangan BKN dalam TWK sudah disampaikan, termasuk kronologi dan dinamikanya.

Sponsored

"Detailnya tidak bisa kami sampaikan karena itu rahasia dari percakapan dengan Komnas HAM, tapi saya kira proses dari permintaan keterangan tadi sudah kami jawab semua sejelas-jelasnya, sejujur-jujurnya," katanya.

Sementara itu, Komisioner Komnas HAM, M. Choirul Anam mengatakan, kedatangan Bima dan rombongannya melengkapi keterangan yang sebelumnya. Menurut dia, dalam permintaan keterangan, Rabu (9/6) lalu, pihaknya hanya mendapatkan proses penyelenggaraan TWK.

"Bagaimana mulai dari awal sampai akhir tadi dilengkapi oleh Pak Bima, terus ada juga Wakil Kepala BKN (Supranawa Yusuf) dengan rombongan itu lebih lengkap. Levelnya, level kebijakan, terus beberapa proses-proses penting," ucapnya.

Berita Lainnya