logo alinea.id logo alinea.id

Lagi, KPK panggil Steffy Burase untuk Irwandi Yusuf

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan memanggil kembali model cantik Fenny Steffy Burase untuk tersangka Gubernur Aceh.

Rakhmad Hidayatulloh Permana
Rakhmad Hidayatulloh Permana Rabu, 24 Okt 2018 12:16 WIB
Lagi, KPK panggil Steffy Burase untuk Irwandi Yusuf

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berencana memanggil kembali model cantik Fenny Steffy Burase untuk tersangka Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf. Pemanggilan Steffy masih seputar dugaan suap Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) 2018. Termasuk perhelatan akbar Aceh Marathon 2018, karena Steffy selaku salah satu panitia Aceh Marathon 2018. 

“Yang bersangkutan diperiksa untuk tersangka IY (Irwandi Yusuf),” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah, Rabu (24/10).

Steffy diperiksa juga dengan sejumlah fakta yang tersikap dalam pra-peradilan Irwandi Yusuf dan akan diputuskan pada Rabu (24/10) maupun proses penyidikan. Selain Steffy, KPK akan memanggil Kabag Pemeliharaan Penyedia pada Biro ULP Pemprov Aceh Muhammad Nasir dan Kabiro ULP Nirzali. 

Steffy merupakan panitia sekaligus penggagas Aceh Marathon 2018, yang sedianya berlangsung pada 29 Juli 2018. KPK menduga ada uang senilai Rp500 juta yang dipergunakan untuk membiayai acara Aceh Marathon 2018 dalam kasus suap yang menjerat Irwandi Yusuf. 

Sponsored

Irwandi yang sudah berstatus tersangka, diduga kuat menerima uang sebesar Rp500 juta dari Bupati Bener Meriah, Ahmadi. Uang tersebut merupakan bagian dari commitment fee Rp1,5 miliar atau 10% dari anggaran senilai Rp8,03 triliun, untuk mendapatkan proyek infrastruktur yang memakai alokasi DOKA.  

Selain ke Aceh Marathon, KPK juga menduga sekitar 8% dari uang suap, dibagikan kepada sejumlah pejabat di Pemerintah Provinsi Aceh. Sisanya, sekitar 2%, dibagikan untuk pejabat tingkat Kabupaten. 
 
Selain Irwandi Yusuf, KPK juga telah menetapkan tiga tersangka lain, yakni Bupati Bener Meriah nonaktif Ahmadi (AMD), Hendri Yuzal (HY) yang merupakan staf khusus Irwandi Yusuf, dan Teuku Saiful Bahri dari pihak swasta.