sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

KTT G20, ibadah hingga kesehatan peserta dipastikan aman

TNI dan Polri akan mengamankan setiap tempat ibadah saat KTT G20.

Immanuel Christian
Immanuel Christian Jumat, 11 Nov 2022 16:26 WIB
KTT G20, ibadah hingga kesehatan peserta dipastikan aman

Tentara Nasional Indonesia (TNI) melakukan persiapan medis dalam rangka menyambut KTT G-20. Persiapan dilakukan oleh satgas medis yang tergabung dalam Komando Gabungan Terpadu pengamanan (Kogabpad Pam) VVIP KTT G-20.

Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel (Mar) Gugun Saeful Rachman mengatakan, pihaknya menjalankan latihan evakuasi medis dengan penggunaan mini ICU Helly. Transportasi penerbangan itu terbang dari Landasan Udara I Gusti Ngurah Rai menuju helipad di Peninsula Nusa Dua, Bali.

“Mini ICU Helly, merupakan suatu alat transportasi medis udara yang dilengkapi peralatan medis pendukung pasien, untuk bisa  ditransfer dengan stabil sampai di tempat tujuan rumah sakit rujukan,” katanya dalam keterangan, Jumat (11/11).

Gugun menyebut, pengawak Mini ICU Helly adalah Dokter Anesthesiologist dan Konsultan Intensive Care (KIC). Mereka memiliki kualifikasi flight Surgeon, kemudian perawat dan paramedis yang memiliki kualifikasi Perawat ICU. 

“Dalam pelaksanaannya harus menjadi satu team yang solid dengan crew pesawat Helly karena setiap pergerakan harus sepengetahuan pilot dan crew,” ujarnya. 

Gugun menyampaikan, peralatannya ada alat monitor tanda vital tensi, nadi, saturasi, irama jantung, Sumber oxygen, Alat DC shock, Alat ventilator, Alat pengelolaan jalan nafas seperti laryngoscopy, tube, alat bagging dan alat pendukung lainnya. Kemudian, alat infus pump, alat syrng pump, alat suction, obat obat emergensi, alat atau bahan medis habis pakai, brankar, stretcher.

Selain mini ICU helly, dalam pelaksanaan G20, Satgas Medis juga menempatkan mini ICU di Hotel Apurva, Hotel Sofitel dan Garuda Wisnu Kencana, Taman Mangrove dan Pantai Serangan.

“ICU Helly diperlukan dalam rangka mempercepat proses evakuasi pasien menuju RS rujukan, dan juga menjadi alternatif  apabila via darat tidak memungkinkan karena  alasan keamanan.  Fungsi alat ini adalah untuk mendukung kestabilan pasien sampai RS rujukan,” ucapnya. 

Sponsored

Selain kesehatan, bersama Polri, juga menyoroti pengamanan ibadah untuk menyukseskan penyelenggaraan puncak forum Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada 15-16 November 2022. Selain Masjid, di dekat lingkungan tersebut ada juga tempat ibadah lainnya seperti Gereja, Pura dan tempat ibadah lainnya untuk para delegasi melaksanakan ibadah.

Kepala Bidang Humas Polda Bali Kombes Stefanus Satake Bayu Setiono mengatakan, pihak TNI-Polri juga menempatkan personilnya agar para delegasi dan tamu yang akan beribadah dapat kenyamanan dan keamanan.

"Ini ada petugas-petugas khusus yang sudah ditunjuk untuk melakukan pengamanan terutama di tempat-tempat ibadah dan juga sebelum ibadah dilakukan sterilisasi," katanya dalam keterangan, Jumat (11/11).

Dalam kesempatan, perwira menengah dengan pangkat melati tiga ini pun mengajak masyarakat sekitar agar ikut menyukseskan penyelenggaraan KTT G20 agar wajah Indonesia di mata dunia baik.

"Kami mengajak masyarakat sekitar agar terlibat dalam keamanan penyelenggaraan KTT G20. Tunjukan bahwa Bali, umumnya Indonesia bisa menjadi tuan rumah yang baik, ramah dan membuat nyaman," ujarnya.

Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Minggu, 05 Feb 2023 06:18 WIB
Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Sabtu, 04 Feb 2023 06:12 WIB
Berita Lainnya
×
tekid