logo alinea.id logo alinea.id

Kunjungan ke Kolombia, Anies Baswedan mampir di Amerika

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mampir ke Amerika Serikat (AS) usai kunjungannya di Kolombia.

Eka Setiyaningsih
Eka Setiyaningsih Kamis, 11 Jul 2019 21:49 WIB
Kunjungan ke Kolombia, Anies Baswedan mampir di Amerika

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mampir ke Amerika Serikat (AS) usai kunjungannya di Kolombia. Sehingga, ia memperpanjang durasi kunjungan luar negeri selama dua hari menjadi 18 Juli 2019. 

"Pak Gubernur akan melanjutkan perjalanan ke AS dan nanti Kamis, 18 Juli 2019, baru kembali ke Jakarta," kata Sekretaris Daerah Pemprov DKI Saefullah di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (11/7).

Sayangnya, Saefullah enggan membeberkan kegiatan Anies di AS. Ia hanya menyebut Anies memiliki agenda lain yang harus dihadiri.

"Yang jelas di Kolombia menjadi nara sumber. Kemudian nanti di AS ada beberapa agenda," ujarnya.

Mengutip keterangan resmi yang diterima Alinea.id, Anies akan singgah ke Washington D.C., Amerika Serikat, untuk memenuhi undangan menjadi pembicara dalam Forum pertemuan USINDO Luncheon yang akan diselenggarakan pada hari Senin (15/7).

Pada forum tersebut, Anies diundang untuk menjelaskan isu terkini yang ada di Jakarta dan juga Indonesia seperti masalah ekonomi, perkotaan, sosial dan pembangunan infrastruktur kota yang mencakup lingkungan hidup, transportasi, smart city, ekonomi digital, enterpreneursip, dan pendidikan.

Sebagai informasi, United States – Indonesia Society (USINDO), adalah satu-satunya organisasi non-pemerintah yang secara eksklusif didedikasikan untuk meningkatkan pemahaman AS tentang Indonesia, dan sebaliknya, serta memperkuat hubungan di antara kedua negara dan penduduknya.

Anies terbang ke Kolombia sebagai pembicara World Cities Summit.  Ratusan kepala daerah sejumlah negara di dunia akan menghadiri pertemuan itu. Para kepala daerah akan membahas mengenai inovasi, kepemerintahan, dan budaya negara.

Sponsored

Mengutip unggahan Anies dalam akun Instagram resmi miliknya, Anies mengatakan dirinya memulai rangkaian acara World Cities Summit Mayors Forum di Medellin, Kolombia, dengan pertemuan bilateral dengan Wali Kota Medellin, Frederico Gutierrez.⁣

"Sesudah pertemuan usai, kami sampaikan simbol persahabatan dari warga Jakarta kepada Wali Kota Gutierrez, yaitu selembar kain batik Betawi. Tak disangka, Wali Kota Gutierrez menyampaikan bahwa kenang-kenangan yang kita berikan ini sangatlah emosional baginya. Ia bercerita, ibunya adalah peneliti batik dan mengajar tentang batik. Ia sering melihat ibunya membatik, dan beberapa tahun lalu ibunya telah tiada," tulis Anies dalam Instagramnya, Kamis (11/7).

Sebagai informasi, bukan kali pertama Anies berkunjung ke luar negeri. Sebelumnya, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini pernah melakukan kunjungan kerja ke Jepang, Turki, dan Singapura.