sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Langgar maklumat, Kapolri diminta copot Kapolda Sulut

Pangkalnya, Royke melanggar maklumat yang diterbitkan atasannya.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Senin, 23 Mar 2020 12:15 WIB
Langgar maklumat, Kapolri diminta copot Kapolda Sulut
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1986
Dirawat 1671
Meninggal 181
Sembuh 134

Indonesia Police Watch (IPW) mendesak Polri mencopot Kapolda Sulawesi Utara (Sulut), Irjen Royke Lumowa. Pangkalnya, acara bersepeda bersama pada Sabtu (21/3), melanggar Maklumat Kapolri Nomor: Mak/2/III/2020.

Ketua Presidium IPW, Neta S. Pane, menyatakan, pencopotan tersebut merupakan langkah tegas yang harus diambil Kapolri, Jenderal Idham Azis. Sebagai tindak lanjut maklumat terhadap pembatasan sosial (social distance) dalam menangani pandemi coronavirus baru (Covid-19).

"Itu, sesuai dengan sidang etik Polri. Dan biasanya, dicopot dari jabatannya," katanya saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin (23/3).

Menurutnya, jawaban Royke belum menerima maklumat tersebut tarasional. Sebab, pengumuman diteken Idham pada 19 Maret. Dua hari sebelum acara bersepeda bersama.

"Itu, sih, mengada-ada. Hari gini, di mana teknologi berkembang pesat, dalam hitungan detik, informasi bisa menyebar. Berarti, dia tidak peduli dengan perkembangan informasi dan intelijennya tidak bekerja," tutur Neta.

Royke menggelar acara bersepeda bersama jajaran Polda Sulut, kemarin dulu. Kegiatan diikuti sekitar 30 orang. 

Sementara, Kapolri melalui maklumatnya, meminta publik dan jajarannya tak mengadakan kegiatan publik yang menyebabkan berkumpulnya massa. Baik di lingkungan sendiri ataupun tempat umum.

Kegiatan-kegiatan tersebut, mencakup pertemuan sosial, budaya, keagamaan, dan/atau aliran kepercayaan. Dalam bentuk seminar, lokakarya, sarasehan, dan acara sejenis lainnya.

Sponsored

Berikutnya, konser musik, pekan raya, festival, bazar, pasar malam, pamera, dan resepsi keluarga. Juga kegiatan olahraga, kesenian, dan jasa hiburan; unjuk rasa, pawai, dan karnaval; serta acara lain.

Apabila ditemukan perbuatan yang bertentangan dengan maklumat, sesuai poin ketiga, anggota Polri wajib melakukan tindakan. Sesuai peraturan perundang-undangan.

Sanksi bagi kaum Covidiot

Sanksi bagi kaum Covidiot

Sabtu, 04 Apr 2020 13:20 WIB
Kalut Covid-19 di tangan Luhut

Kalut Covid-19 di tangan Luhut

Jumat, 03 Apr 2020 13:12 WIB
Berita Lainnya