sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Lapas Pidie Aceh Besar terbakar

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B, Blang Paseh, Kabupaten Pidie, Aceh terbakar diduga akibat arus pendek listrik, Senin (3/6) siang.

Sukirno
Sukirno Senin, 03 Jun 2019 16:15 WIB
Lapas Pidie Aceh Besar terbakar

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B, Blang Paseh, Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh terbakar diduga akibat arus pendek listrik, Senin (3/6).

Petugas pemadam kebakaran daerah setempat mengerahkan sedikitnya tiga mobil pemadam untuk mengatasi kebakaran itu.

Hingga saat ini, petugas terus berupaya memadamkan titik api dari dalam lapas tersebut.

Pantauan di lokasi, kantor utama lapas tersebut habis dilahap si jago merah sekitar pukul 11:30 WIB.

Informasi yang dihimpun, api berasal dari salah satu ruang pegawai. Petugas keamanan terpantau belum melakukan evakuasi terdahap para narapidana dari dalam lapas tersebut.

"Mohon bersabar ya. Kami sedang sibuk," kata Kapolresta Pidie AKBP Andy Nugraha Setiawan Siregar secara singkat di depan Lapas Kelas IIB Blang Paseh, Kabupaten Pidie.

Petugas dari Polres Pidie dan anggota TNI AD dari Kodim 0102/Pidie terpantau juga ikut mengamankan secara langsung area Lapas Kelas IIB Pidie.
 
Para narapidana Lapas Kelas IIB Pidie melempari petugas dengan batu dari dalam Lapas tersebut.

"Awas-awas, jangan mendekat dilempari dengan batu oleh Napi dari dalam Lapas," kata petugas kepolisian yang sedang mengamankan pemadaman Lapas Kelas IIB Pidie di lokasi.

Sponsored

Hujan batu dari dalam Lapas terus mengarah ke petugas pengamanan maupun petugas pemadaman di luar Lapas.

Meski dilempari batu, namun tidak menyurutkan petugas melakukan pemadaman dan semua petugas terlihat menggunakan helm. "Semua napi masih berada di dalam Lapas," kata AKBP Andy Nugraha.

Pemadam kebakaran

Sementara itu, sebanyak empat mobil pemadam kebakaran dari BPBD Pidie, Provinsi Aceh diterjunkan ke Lapas Kelas II B, Pidie untuk memadamkan kobaran api yang melalap lapas tersebut.

Para petugas BPBD Pidie dari atas mobil pemadam kebakaran di depan Lapas Kelas IIB Pidie menyemprot air ke dalam lapas tersebut.

Hingga berita ini diturunkan, petugas BPBD terus menyemprot air ke dalam lapas untuk menguasai api. Hingga saat ini, tampak bahwa api yang membakar lapas itu belum padam.

Sejumlah personel polisi dilengkapi senjata laras panjang juga turun ke lokasi mengamankan area lapas setempat.

Petugas belum memberikan keterangan resmi penyebab kebakaran Lapas Kelas IIB Pidie, namun dugaan awal kejadian itu berasal dari arus pendek listrik.

Kapolresta Pidie AKBP Andy Nugraha Setiawan Siregar dan jajaran Kodim 0102/Pidie terlihat turun dan mengamankan lokasi lapas.

Seorang petugas Lapas Kelas IIB Blang Paseh, Mukhtar, mengatakan para napi masih berada di dalam lapas setempat. "Semua napi masih di dalam lapas," kata dia. (Ant).

Berita Lainnya