sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Luhut: Tiru Jerman menangani Covid-19

Kunci sukses dari ketiga negara tersebut dalam menanggulangi dampak pandemi adalah, adanya sinergi kebijakan dan kekompakan berbagai elemen.

Nanda Aria Putra
Nanda Aria Putra Senin, 27 Jul 2020 10:49 WIB
Luhut: Tiru Jerman menangani Covid-19
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 381.910
Dirawat 63.733
Meninggal 13.077
Sembuh 305.100

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, berbagai analisis menyebutkan, Jerman, Taiwan, dan Rusia menjadi negara dengan penanganan pandemi Covid-19 terbaik di dunia.

"Saya membaca ada analisa bahwa negara Jerman, Taiwan, dan Rusia yang paling cepat menangani Covid-19 ini, dengan alasan bahwa mereka melakukan sinergi dengan sangat padu," katanya dalam video conference, Senin (27/7).

Kunci sukses dari ketiga negara tersebut dalam menanggulangi dampak pandemi adalah, adanya sinergi kebijakan dan kekompakan berbagai elemen. Baik di pemerintahan maupun di masyarakat sendiri. Untuk itu dia berharap agar hal yang sama juga dilakukan di dalam negeri.

"Akibat keterpaduan maka Jerman, Taiwan, dan Rusia dikategorikan sebagai negara yang cepat recovery dari keadaan ini. Oleh karena itu, kami harap semuanya agar kompak padu, terintegrasi menyelesaikan masalah ini," ujarnya.

Sponsored

Dia pun berharap agar setiap kementerian dan lembaga (K/L) menahan egosektoral. Tidak saling mencari-cari kesalahan satu sama lain dan saling bahu-membahu menjalankan tugas sebagai pengelola kebijakan.

"Tidak boleh salah-menyalahkan. Kalau ada kekurangan dari satu tempat dari teman kita, harus saling memperbaiki. Tidak dalam satu suasana untuk merasa paling baik. Dalam konteks ini oleh karena itu, kita tiru Jerman itu," ucapnya.

Sebagaimana diketahui, Jerman mulai mengalami penurunan kasus positif sejak April, setelah negara tersebut menerapkan lockdown. Begitu juga dengan Taiwan, dan Rusia. 

Berita Lainnya