sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Luncurkan GNWU, Jokowi ungkap potensi wakaf uang

Sudah saatnya Indonesia memberikan contoh praktik pengelolaan wakaf yang transparan.

Fathor Rasi
Fathor Rasi Senin, 25 Jan 2021 11:33 WIB
Luncurkan GNWU, Jokowi ungkap potensi wakaf uang
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Presiden RI Joko Widodo resmi meluncurkan Gerakan Nasional Wakaf Uang (GNWU), di Istana Negara, Jakarta, pagi ini, Senin (25/01). Presiden menyampaikan, potensi wakaf di Indonesia sangat besar, per tahun mencapai Rp2.000 triliun. Bahkan, potensi wakaf uang dapat menembus angka Rp188 triliun.

“Oleh karena itu, kita perlu perluas lagi cakupan pemanfaatan wakaf, tidak lagi terbatas untuk tujuan ibadah tetapi dikembangkan untuk tujuan sosial-ekonomi yang memberikan dampak signifikan bagi pengurangan kemiskinan dan ketimpangan sosial dalam masyarakat,” ucapnya.

Peluncuran Gerakan Nasional Wakaf Uang, lanjut mantan Wali Kota Solo itu, sebagai bagian dari upaya untuk memperkuat rasa kepedulian dan solidaritas sosial untuk mengatasi kemiskinan dan ketimpangan sosial di Indonesia.

“Peluncuran Gerakan Nasional Wakaf Nasional Uang hari ini, menjadi bagian penting bukan hanya meningkatkan awareness/kepedulian, literasi, dan edukasi masyarakat terhadap ekonomi dan keuangan syariah, tetapi sebagai upaya memperkuat rasa kepedulian dan solidaritas sosial untuk mengatasi kemiskinan dan ketimpangan sosial,” tuturnya.

Sponsored

Sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia, lanjut Jokowi, sudah saatnya Indonesia memberikan contoh praktik pengelolaan wakaf yang transparan, profesional, kredibel, terpercaya, dan memiliki dampak yang produktif bagi kesejahteraan dan pemberdayaan ekonomi umat Islam.

“Serta, sekaligus akan bisa memberikan pengaruh signifikan pada upaya menggerakkan ekonomi nasional kita, khususnya di sektor usaha mikro, usaha kecil, dan usaha menengah,” ucapnya melansir setkab.go.id.

Pada kesempatan itu, Presiden didampingi oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Hadir pula secara tatap muka maupun virtual sejumlah pejabat, di antaranya Gubernur Bank Indonesia, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan, dan Ketua Badan Wakaf Indonesia, para gubernur di seluruh Indonesia, dan Ketua Kamar Dagang Indonesia.

Berita Lainnya

Ngotot mudik, kasus Covid-19 akan meroket

Kamis, 15 Apr 2021 19:09 WIB

Apple Pencil generasi ke-3 akan hadir April

Jumat, 16 Apr 2021 09:47 WIB

Pakar dukung penegakan aturan larangan mudik

Jumat, 16 Apr 2021 08:15 WIB