sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Mantu Rizieq Shihab akan gugat penetapan tersangka dirinya

Hingga saat ini, Hanif Alatas belum menerima surat panggilan pemeriksaan sebagai tersangka.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Selasa, 12 Jan 2021 09:52 WIB
Mantu Rizieq Shihab akan gugat penetapan tersangka dirinya
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 939.948
Dirawat 149.388
Meninggal 26.857
Sembuh 763.703

Menantu Rizieq Shihab, Hanif Alatas, akan mengajukan praperadilan atas penetapan tersangka dirinya dalam kasus dugaan tindak pidana menghalang-halangi kerja tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Bogor.

Kuasa hukum eks Front Pembela Islam (FPI), Aziz Yanuar, mengatakan, praperadilan tersebut akan diajukan usai proses praperadilan Rizieq diputuskan. Pengajuan praperadilan Hanif  merupakan bentuk melawan ketidakadilan.

"Tentu saja kami akan mengajukan praperadilan. Kesewenang-wenangan harus kita lawan semampu kita lewat jalur yang konstitusional," ujarnya saat dikonfirmasi, Selasa (12/1).

Ditambahkan Aziz, pihak Hanif sampai saat ini belum menerima surat pemanggilan sebagai tersangka. Padahal, menurut polisi, tiga tersangka kasus RS Ummi akan diperiksa pada Jumat (15/1). 

"Belum ada surat panggilan," tuturnya.

Direksi RS UMMI Bogor, Jawa Barat (Jabar), dilaporkan ke Polres Bogor Kota atas dugaan menghalang-halangi kerja Satgas Covid-19 untuk melakukan tes usap (swab test) kepada Rizieq. Dirut RS UMMI diduga melanggar Pasal 14 ayat (1) dan ayat (2) Undang-Undang (UU) Nomor 4 Tahun 1984.

Kasus kemudian ditarik ke Bareskrim Polri dengan alasan seluruh kasus berkaitan Rizieq yang berada di berbagai daerah harus ditangani secara bersamaan agar mempermudah proses pengusutan.

Setelah melakukan pemeriksaan saksi dan gelar perkara, Andi Tatat, Rizieq, dan Hanif akhirnya ditetapkan sebagai tersangka.

Sponsored
Berita Lainnya