sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Mengenal Menko Polhukam baru, Mahfud MD

Menko Polhukam baru yang ahli di bidang Hukum Tata Negara.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Rabu, 23 Okt 2019 11:33 WIB
Mengenal Menko Polhukam baru, Mahfud MD
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 939.948
Dirawat 149.388
Meninggal 26.857
Sembuh 763.703

Jabatan Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) resmi dijabat Mahfud  MD.

Mahfud MD merupakan sosok yang biasa terjun di bidang hukum. Keahliannya di bidang Hukum Tata Negara tak perlu lagi diragukan.

Pria asal Sampang, Madura tersebut, merupakan sosok yang aktif di organisasi Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI). Ia merupakan lulusan Universitas Gajah Mada (UGM) jurusan bahasa Arab dan Universitas Islam Indonesia (UII) jurusan Hukum Tata Negara.

Karier pertamanya merupakan seorang dosen di kampusnya, yakni UII. Kemudian melanjutkan pendidikan lebih tinggi di UGM dan mendapat predikat guru besar bidang politik dan hukum pada 2000.

Kariernya di bidang politik dimulai dari jabatannya sebagai Menteri Pertahanan periode 2000-2001. Saat itu, ia juga merangkap Menteri Kehakiman dan HAM.

Mahfud bergabung dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Lalu pada 2004 terpilih sebagai anggota legislatif dari PKB periode 2004-2009.

Masih di bidang keahliannya, Mahfud kemudian mengikuti uji kelayakan calon hakim MK. Ia pun lolos dan menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) pada 2008-2013.

Setelah lengser dari jabatan Ketua MK, Mahfud menjadi Anggota Dewan Pengarah Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP). Namun ia juga sering menjadi pembicara mengenai hukum di berbagai forum diskusi.

Sponsored
Berita Lainnya
×
img