sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pemerintah siapkan fasyankes penunjang KTT G20 Bali

Pelayanan terbagi menjadi 2 kelompok, untuk presiden serta menteri dan duta besar.

Fatah Hidayat Sidiq
Fatah Hidayat Sidiq Kamis, 22 Sep 2022 19:56 WIB
Pemerintah siapkan fasyankes penunjang KTT G20 Bali

Pemerintah menyiapkan berbagai fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) guna menunjang KTT G20 Indonesia di Bali, November 2022. Pelayanan terbagi menjadi 2 kelompok, untuk presiden serta menteri atau duta besar.

Direktur Tata Kelola Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Sunarto, menerangkan, fasilitas pelayanan kesehatan VVIP disiapkan Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg). Di antaranya, 2 mini ICU di lokasi utama (Apurva Kempinski) dan tempat gala dinner (Garuda Wisnu Kencana).

Selain itu, 1 klinik di Apurva Kempinski. Lalu, 4 tim mobile di Apurva Kempinski, Garuda Wisnu Kencana, dan lokasi penanaman pohon (Tahura Mangrove).

Adapun Kemenkes menyiapkan fasilitas kesehatan bagi delegasi. Detailnya, 2 mini ICU di Apurva Kempinski dan Garuda Wisnu Kencana, 22 klinik di Apurva Kempinski dan di setiap hotel resmi KTT G20, serta 9 tim mobile di 7 zona. 

"Tim mobile akan selalu siaga 24 jam jika ada panggilan dari klinik-klinik yang ada di hotel," ujarnya, melansir situs web Kemenkes. Sekitar 600 delegasi akan menghadiri KTT G20.

Kemenkes juga menyiapkan 7 rumah sakit (RS) rujukan yang dapat dipakai untuk presidensi dan delegasi. RS yang disiapkan adalah RSUP IGN Ngurah, RSUD Bali Mandara, RS Universitas Udayana, RS Siloam, RS BIMC Nusa Dua, RS Bhayangkara, dan RS Udayana.

Kemudian, disiapkan pusat kendali (command center) yang mengatur alur komunikasi pelayanan kesehatan antara petugas, ambulans, dan RS rujukan. Tersedia 2 command center bagi presidensi dan delegasi, yang di setiap titik terdapat 1 dokter umum dan perawat yang berjaga.

"Kementerian Kesehatan mengharapkan dukungan dan koordinasi dari lembaga, instansi, dan organisasi masyarakat, baik pemerintah maupun swasta, dalam menyempurnakan persiapan dan pelaksanaan pelayanan kesehatan pada KTT G20," tandas Sunarto.

Sponsored
Berita Lainnya
×
tekid