logo alinea.id logo alinea.id

Penjelasan dokter Terawan soal kondisi terakhir Ani Yudhoyono

Ani Yudhoyono mulai tidak sadarkan diri sejak semalam (31/5).

Mona Tobing
Mona Tobing Sabtu, 01 Jun 2019 12:37 WIB
Penjelasan dokter Terawan soal kondisi terakhir Ani Yudhoyono

Dokter Kepresidenan, dr. Terawan Agus Putranto menjelaskan kondisi terakhir Ani Yudhoyono sebelum menghembuskan nafas terakhir pada Sabtu (1/6) siang. Terawan menjelaskan, kondisi mantan Ibu Negara itu sempat mengalami kemunduran kesehatan. 

Saat memberikan pernyataan di depan awak media di National University Hospital (NUH) bersama mantan Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa, dr Terawan mengatakan tim kedokteran telah bekerja keras untuk pemulihan kesehatan Ani Yudhoyono. 

"Bersama dengan ahli dari Amerika juga telah membantu. Apa yang kami lakukan, sudah maksimal. Kami harapannya dapat berbuat baik, tapi Tuhan punya rencana lain," kata dr Terawan.  

Menurut Terawan, kondisi terakhir Ani Yudhoyono sempat membaik. Namun tiba-tiba beliau mengalam kemunduran. Penyebabnya, kata dr Terawan, adalah perjalanannya penyakit istri Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono itu. 

Sponsored

"Memang kondisinya tidak sadar karena memang ditidurkan dan gagal nafas, sehingga dipasang respirator sejak kemarin malam. Sudah berlangsung usaha-usaha untuk men-support beliau dengan upaya maksimal, namun belum membawa hasil," terang dr Terawan. 

Ny. Ani Yudhoyono menghembuskan nafas terakhir pada Sabtu (1/6) siang di National University Hospital, Singapura, pukul 11.50 waktu setempat. Di rumah sakit almarhumah berjuang melawan kanker darah sejak dirawat pertama kali sejak awal Februari 2019. Beliau meninggal pada usia 67 tahun.