sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pertamina perluas uji coba QR Code Subsidi Tepat untuk Solar dan Pertalite

Yang dibutuhkan untuk mendaftarkan kendaraan ke website Subsidi Tepat KTP, STNK kendaraan, foto kendaraan, alamat email, dan dokumen lain.

Erlinda Puspita Wardani
Erlinda Puspita Wardani Jumat, 10 Mar 2023 13:26 WIB
Pertamina perluas uji coba QR Code Subsidi Tepat untuk Solar dan Pertalite

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting mengaku jumlah pendaftar Subsidi Tepat terus meningkat hingga mencapai lebih dari 5 juta kendaraan pada awal Maret 2023. Hal ini menurutnya menjadi bukti respons baik dan partisipasi aktif masyarakat untuk mewujudkan penggunaan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi yang lebih tepat sasaran.

Pertamina juga diketahui memperluas wilayah uji coba per 9 Maret 2023, yaitu perluasan uji coba transaksi BBM bersubsidi menggunakan QR Code Subsidi Tepat di Kota/Kabupaten di wilayah Sumatera, Nusa Tenggara, dan Papua.

“Perluasan wilayah uji coba ini dilakukan secara bertahap sejak Desember 2022. Untuk awal Maret 2023 ini, uji coba penggunaan QR Code untuk transaksi Solar Subsidi diperluas di 141 Kota/Kabupaten. Sedangkan untuk uji coba penggunaan QR Code transaksi Pertalite diperluas di 19 Kota/Kabupaten. Bagi yang belum memiliki QR Code juga tetap akan dilayani, dan akan diarahkan untuk mendaftar di website Subsidi Tepat,” tutur Irto dalam keterangannya, Jumat (10/3).

Irti mengungkapkan, program Subsidi Tepat bertujuan untuk mendata kendaraan yang menggunakan Pertalite dan Solar. Melalui pendataan, diharapkan penyaluran BBM bersubsidi dapat lebih termonitor dan mencegah kecurangan atau penyalahgunaan di lapangan. Sehingga BBM bersubsidi tersalurkan bagi masyarakat yang memang berhak.

“Saat ini Pertamina Patra Niaga terus melakukan sosialisasi dan edukasi mengenai tata cara pendaftaran, serta menguji coba kesiapan verifikasi QR Code. Kami juga terus memantau perkembangan revisi Peraturan Presiden No. 191 Tahun 2014 yang menjadi regulasi acuan penetapan penyaluran BBM bersubsidi,” kata dia menambahkan.

Selain itu, pendaftaran Subsidi Tepat dibuka untuk kendaraan roda empat. Pertamina juga telah menjalin kerjasama dengan Korlantas Polri terkait sinkronisasi data kendaraan untuk program Subsidi Tepat.

Ada pun dokumen yang dibutuhkan untuk mendaftarkan kendaraan ke website Subsidi Tepat KTP, STNK kendaraan, foto kendaraan, alamat email, dan dokumen lain sebagai pendukung. Untuk mendaftarkan kendaraan di program Subsidi Tepat, masyarakat dapat mengakses halaman https://subsiditepat.mypertamina.id/

“Jika masyarakat membutuhkan informasi maupun memiliki kendala, dapat menghubungi Pertamina Call Center 135,” ujar Irto.

Sponsored

Sebagai informasi, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menganggarkan subsidi dan kompensasi energi pada APBN 2023 mencapai Rp341 triliun. Anggaran tersebut di antaranya untuk subsidi energi berupa BBM dan LPG mencapai Rp139, 4 triliun, subsidi listrik Rp72, 6 triliun, dan kompensasi energi sebesar Rp127,6 triliun.

Subsidi tersebut diharapkan tersalurkan tepat sasaran dan bisa menjadi instrumen dalam menjaga stabilitas harga, mengendalikan inflasi, dan menjaga daya beli masyarakat dari risiko kemunduran sosial. 

Berita Lainnya
×
tekid